Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2018-2023.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/08/2018) pagi.

Upacara pelantikan diawali dengan prosesi penyerahan petikan Keputusan Presiden kepada Zulkieflimansyah dan Sitti.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama Zulkieflimansyah dan Sitti berjalan ke Istana Negara. Mereka diiringi dengan pasukan drum band pada bagian belakang.

Setibanya di Istana Negara, prosesi pelantikan dimulai. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 155/p tahun 2018 .

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta penyematan tanda pangkat dan jabatan.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan para tamu undangan memberikan selamat kepada Gubernur dan Wagub NTB yang baru saja resmi menjabat.

Meski sejumlah menteri kabinet kerja dan kepala lembaga negara hadir dalam acara ini, namun Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tak terlihat ada di lokasi.

Hal ini karena Tjahjo sedang menghadiri acara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Belu, Atambua, Nusa Tenggara Timur.

Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur NTB periode 2018-2023, pada Pilkada Serentak, yang diselenggarakan 27 Juni 2018. Pasangan ini mengalahkan tiga pasangan calon lainnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB, dalam pemilihan gubernur gubernur NTB kemarin pasangan ini meraih 811.945 suara, disusul pasangan Moh Suhaili FT-Muhammad Amin yang mendapat 674.602 suapelra.@LI-13