LENSAINDONESIA.COM: Kisruh lolosnya kader Gerindra Sarni Ruminta Sihombing dalam DCT (Dalftar Calon Tetap) Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Kota Bekasi-Depok, berbuntut panjang.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi tak berdiam diri. Mereka melaporkan anggota DPRD Kota Bekasi periode 2014-2019 itu ke Bawaslu Propinsi Jabar. Ini lantaran nama perempuan suka berdandan menawan ini masuk DCS (Daftar Calon Sementara) melalui Partai Demokrat untuk DPRD Kota Bekasi dari Dapil Rawalumbu, Mustika Jaya, Bantar Gebang.

“Kami sudah laporkan ke Bawaslu Provinsi Jawa Barat terkait masuknya Sarni Ruminta Sihombing di dalam DCT dengan nomor urut 9. Sebelumnya, namanya tertera sebagai Caleg dari Demokrat,” ungkap Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyalil, Sabtu (22/9/2018).

Ali menyebut, pihaknya perlu menceritakan kepada Bawaslu Provinsi Jabar soal Sarni Ruminta agar tahu persoalannya. Sehigga nanti, Bawaslu Jawa Barat akan melaporkan ke KPU Jawa Barat.

“Sikap Sarni jelas melanggar PKPU pasal 961. Seharusnya, dia sudah dicoret dari DCT Caleg DPRD Provinsi Jabar,” tegas Ali.

Seperti ramai diberitakan, Sarni Ruminta, anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Gerindra, belakangan mencalonkan kembali. Ia maju lagi di Pemilu 2019, juga dari partai berlambang kepala burung Garuda. Sarni mencalonkan di DPRD Kota Bekasi dari Dapil Bekasi Utara.

Karena Bekasi Utara bukan domisilinya, Sarni menngambi langka jauh, mengajukan surat pengunduran diri sebagai Caleg Gerindra. Surat mundur itu dikirim ke DPC Gerindra Kota Bekasi, dan ditandatangani di atas materai.

Setelah itu, Sarni yang seolah menjalankan politik yang kental dengan sebutan “politik kanan kiri Ok” ini mendaftar kembali. Kali ini, ia mendaftar sebagai Caleg DPRD Kota Bekasi dari Dapil Rawalumbu, Mustika Jaya, Bantar Gebang, juga dari Partai Demokrat.

Tidak lama kemudian, Sarni mengulangi mengundurkan diri dari pencalegannya, yang dari Partai Demokrat.

Karuan, sikap Sarni merepotkan KPU. Maklum, namanya sudah terlanjur tercantum dalam DCS dari Demokrat. Malah,kemudian namanya juga muncul di DCT sebagai Caleg DPRD Provinsi Jabar dari Partai Gerindra. @sofie