Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Aplikasi ini mampu tingkatkan hasil para nelayan
Gadget

Aplikasi ini mampu tingkatkan hasil para nelayan 

LENSAINDONESIA.COM: Para nelayan kini makin dimudahkan pekerjaannya dengan menggunakan aplikasi “Laut Nusantara”.

Aplikasi ini dibesut atas kolaborasi Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc mengatakan, aplikasi Laut Nusantara menyajikan informasi penting untuk nelayan kecil, baik mengenai wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut.

“Aplikasi ini bakal berguna bagi para nelayan kecil perorangan di seluruh Indonesia hingga kini mengandalkan hasil tangkapan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Info terkait kondisi cuaca juga cukup lengkap untuk panduan sekaligus peringatan bagi para nelayan demi keselamatannya,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Lensaindonesia.com, Minggu (14/10/2018).

Sementara itu, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengungkapkan, aplikasi “Laut Nusantara” ini dibesut sekitar 5 bulan. Ini merupakan aplikasi untuk nelayan kedua diluncurkan oleh XL Axiata, setelah sebelumnya disebut aplikasi “mFish”.

“Perbedaan aplikasi “Laut Nusantara” dengan aplikasi sebelumnya merupakan basis informasi lebih lengkap dan real time, serta sumber data sepenuhnya disuplai oleh data resmi dari BROL,” papar Yessie.

Aplikasi “Laut Nusantara” bisa dimanfaatkan sejak 30 Agustus 2018. Masyarakat nelayan di seluruh Indonesia bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis melalui smartphone Android menggunakan operator layanan data. Menurut ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai.@Rel-Licom

Baca Juga:  450 peserta banjiri ajang Telkomsel TED Fest