LENSAINDONESIA.COM: Prajurit TNI dari anggota Batalyon Infanteri Para Raider 432/Waspada Setia Jaya
(Yonif Para Raider 432/WSJ) Divisi 3/Kostrad yang sedang bertugas di Pos Pengamanan Balaroa,
berhasil menangkap lima orang terduga pencurian kabel listrik milik PLN di lokasi tanah longsor Balaroa, Jalan Gawalise, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Awalnya, patroli yang dipimpin Letda Inf Adi Nugroho melakukan pengamanan di Kelurahan Balaroa yang menjadi wilayah tanggung jawab Yonif Para Raider 432/WSJ. Saat sedang melaksanakan patroli rutin di sektor perumahan Balaroa yang menjadi salah satu lokasi terdampak parah akibat gempa bumi dan tsunami, terlihat lima orang yang sedang mengendarai sebuah kendaraan roda empat dengan memuat kabel listrik.

“Tim patroli yang sedang bertugas merasa curiga, kemudian kelima orang tersebut dihentikan untuk dimintai keterangan, namun para pelaku menjawab dengan berbelit-belit,” jelas Letda Inf Adi Nugroho tentang peristiwa penangkapan Minggu (14/10/2018).

Selanjutnya, salah seorang dari anggota TNI memanggil warga yang tinggal di sekitar perumahan Balaroa. Setelah melihat kelima pelaku, warga mengatakan bahwa mereka bukan warga perumahan Balaroa.

Setelah didesak, akhirnya kelima pelaku mengakui perbuatannya melakukan pencurian kabel listrik milik PLN yang tergeletak disekitar perumahan Balaroa. Kelima pencuri tersebut adalah BS (20), Ran (34), HS (36), Rah (21) dan Fai (21) dengan barang bukti yang diamankan berupa 50 meter kabel listrik milik PLN, satu unit kendaraan roda empat, satu buah tang dan parang.

Untuk menghindari dari amukan warga, anggota TNI Para Raider 432/WSJ mengamankan para pelaku ke rumah salah seorang warga. Selang beberapa jam, Wakapolsek Palu Barat Iptu Abd. Malik bersama anggotanya dan di back-up anggota Brimob tiba di TKP, kemudian membawa kelima orang pelaku pencurian ke Polres Palu untuk pemeriksaan dan pengusutan lebih lanjut.

Pasca penangkapan lima orang pelaku pencurian kabel listrik milik PLN, kondisi di TKP pun kondusif. Aparat TNI dan Polri yang berjaga di wilayah tersebut lebih mengintensifkan patroli untuk menghindari kejadian pencurian yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab.

Para tersangka pencuri yang berhasil ditangkap prajurit TNI. @foto:puspen_tni

Seluruh kegiatan di sekitar wilayah Palu Barat berada dalam kendali Komandan Yonif Para Raider 432/ WSJ Mayor Inf Gustiawan.

Diwilayah tersebut, selain membantu pengungsi dalam membangun hunian sementara, anggota Yonif Para Raider 432/WSJ juga melakukan beberapa kegiatan seperti pengamanan, pencarian dan evakuasi korban yang ada di Perumnas Balaroa, Pengamanan Pasar Masomba dan Pasar Inpres. Jumlah total pasukan yang ada di Balaroa sekitar 345 personel. @licom_09

Autentikasi :
Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman