Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
SMA Ta’miriyah Surabaya diedukasi ekplorasi migas oleh PHE WMO
EKONOMI & BISNIS

SMA Ta’miriyah Surabaya diedukasi ekplorasi migas oleh PHE WMO 

LENSAINDONESIA.COM: PHE WMO memberikan edukasi eksplorasi migas kepada siswa SMA Ta’miriyah Surabaya di tengah area Jatim Fair di Grand City Mall Surabaya.

Saat itu, wakil dari PHE WMO menerangkan beberapa konsekuensi yang harus diterima saat gagal maupun berhasil perolehan migasnya.

Muchamad Yani, Field Manager PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), menjelaskan, tahap pencarian sumber migas perlu proses panjang. Mulai dari uji seismik hingga mendatangkan alat-alat pengeboran ke lokasi. Proses ini perlu modal besar hingga puluhan juta US$.

“Untuk itu, saat eksplorasi pertama, kedua dan ketiga serta ke empat kalinya, jika tidak ditemukan minyak atau gas yang menguntungkan secara ekonomis, maka akan dihentikan. Semua kerugian ditanggung KKKS nya. Negara kita baru akan ikut serta dalam permodalan jika migasnya sudah dieksploitasi,” papar Yani dalam keterangan resminya, Minggu (14/10/2018).

Yani menambahkan, melalui pemanfaatan internet, para siswa juga akan memperoleh informasi terkait industri migas. Diharapkan, merekalah menjadi ahli migas.

“Selama ini kandungan minyak dalam sumur, hanya sekitar 70 persen yang bisa diambil. Untuk itu butuh SDM yang handal untuk menanganinya,” tutur Yani.@Rel-Licom