Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Bawaslu awasi ribuan Emak-Emak “Balad” Jokowi senam bukan kampanye, silaturahmi relawan
Ribuan ibu-ibu Relawan Balad Jokowi melakukan senam silaturahmi di Bandung Barat. @foto:dok.sofie
HEADLINE

Bawaslu awasi ribuan Emak-Emak “Balad” Jokowi senam bukan kampanye, silaturahmi relawan 

LENSAINDONESIA.COM: Perhelatan silaturahmi akbar Relawan Balad Jokowi, menampilkan senam sehat dan atraksi pencak silat dihadiri ribuan emak-emak di Lapangan PU Walinih, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

Meski malam harinya diguyur hujan, tak menyurutkan semangat emak-emak memberi dukungan Calon Presiden petahana Jokowi dengan bersenam sehat bersama di lapangan tanah merah pada Minggu (11/10/2018). Praktis, suasana lapangan terbuka pun berbasah-basah.

Panitia meyakini bahwa situasi itu bukti Emak-emak di Bandung Barat tetap menaruh harapa besar Jokowi untuk melanjutkan pembangunan yang dapat dirasakan hasilnya.

Ide silaturahmi relawan Balad (bahasa Sunda bisa berarti “teman”) Jokowi dengan senam sehat bersama ribuan emak – emak se Cikalong Wetan ini digagas, untuk mengarahkan ibu – ibu relawan Balad Jokowi mencitai dan membiasakan senam tiap pagi. Sehingga, mendapatkan manfaat tubuh pun sehat selama menjadi sehat, karena sehat merupakan kebutuhan setiap orang.

Ketua Umum Balad Jokowi, M Muchlas Rowie, menerangkan, acara ini sekaligus bentuk hiburan bagi para emak-emak, selain juga ajang mempererat hubungan antar relawan Jokowi dengan masyarakat.

Meski memasuki tahun politik, Muchlas menepis jika acara senam sehat bareng relawan Balad Jokowi ini diklaim bagian dari kampanye calon presiden. Muchlas menegaskan silaturahmi akbar dengan bersenam aerobik ini, disamping hiburan bagi kaum wanita atau ibu-ibu megisi waktu libur, sekaligus sosialisasi hidup sehat dengan senam aerobik.

“Niatan kami untuk mempererat tali silaturahmi antar relawan dan hiburan dengan senam bersama masyarakat Bandung saja,” jelas Muchlas.

Lokasi senam di area perkebunan teh Walini, dipadati warga sejak pukul 06.00 WIB. Bahkan, ribuan peserta terdiri dari ibu-ibu pecinta senam di sekitar Bandung Barat lebih dulu berdatangan dan kumpul lapangan didepan panggung.

Baca Juga:  Irvandi Gustari, kini didapuk jadi Direktur Keuangan Pelindo III

“Antusias masyarakat sangat tinggi, sehingga bagi kami sosok Jokowi tak perlu dikampanyekan lagi. Acara ini saja mereka sudah gembira dengan tujuan untuk menyehatkan tubuh,” terang Ketum Balad Jokowi, yakin.

Selain dihadiri pengurus Korda Balad Jokowi Bandung Barat, acara ini juga dihadiri utusan Korda-Korda, Pengurus Ketum Balad Jokowi M Muchlas Rowie, Sekjen Ma’ruf Muttaqin, juga Wakil Ketua M. Isya Kamal.

Ketua Balad Jokowi Kabupaten Bandung Barat, Jaja Sudrajad kepada lensaindonesia.com menyampaikan harapan, acara ini mampu memberikan manfaat bagi warga khususnya Cikalong Wetan. “Silaturahmi ini makin mempererat antara kami dengan warga yang tentunya menjadi program berkelanjutan nantinya,” jelas Jaja.

Ditempat yang sama, Bawaslu Kabupaten Bandung Barat menerjunkan 50 personel untuk mengawasi jalannya acara. Ketua Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Bandung Jawa Barat, Ayi Wildani Sri Aida saat dimintai tanggapan, ia mengatakan pihaknya datang atas tugas pengawasan kampanye dan undangan panitia.

“Kami datang kemari hanya pastikan acara yang diadakan di wilayah Bandung Barat, terbatas hanya kegiatan sosial kemasyarakatan, bukan ajang kampanye yang dilakulan para caleg dan capres. ” jelas Ayi.

Dibenarkan Ayi, pihak panitia Balad Jokowi beberapa hari sebelum acara berlangsung, melalui perwakilannya mengajukan permohonan kegiatan tersebut.

Ditanya apakah Bawaslu menemukan unsur kampanye, Ayi tidak melihat hal itu. “Memang acara ini sepintas seperti kampanye, tapi kami belum melihat unsur itu. Kami belum tahu apakah ada unsur kampanyenya atau tidak, kita tunggu laporannya nanti,” pungkas Ayi.

Diketahui, lima tahun lalu pada Pilpres 2014, pasangan Jokowi – Jusuf Kalla kalah telak di Provinsi Jawa Barat dan di Provinsi Banten. Jokowi-JK hanya meraih 42,90 suara, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 57,10 suara. @sofie

Para fungsionaris Relawan Balad Jokowi yang menggagas silaturahmi akbar Emak-emak balad Jokowi dengan bersenam. @foto:dok.sofie