Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III gelar “Program Magang Mahasiswa Bersertifikat” dengan masa tempuh enam bulan. Program ini secara resmi dibuka Direktur SDM Pelindo III Toto Heli Yanto, Selasa (13/11/2018) di Surabaya North Quay, Pelabuhan Tanjung Perak.

Toto mengatakan, program magang bersertifikat ini merupakan implementasi bagi pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN guna meningkatkan kompetensi anak bangsa agar tercipta SDM unggul.

“Kedepannya nanti diharapkan pendidikan di PTN/S dapat selaras dengan kebutuhan kompetensi di BUMN,” tandasnya.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu memaparkan, para pemagang berkesempatan untuk menyalurkan potensinya serta menggali pengalaman berharga di lingkungan BUMN.

Dalam program pemagang tersebut akan dibagi beberapa kelompok pemagangan dan akan disebar di beberapa wilayah kerja kepelabuhanan Pelindo III, khususnya di Wilayah Regional Jawa Timur.

“Dalam proses pemagangan, peserta akan mendapatkan bimbingan dari mentor serta monitoring dan evaluasi secara berkala. Setelah magang enam bulan peserta nantinya akan memperoleh sertifikat industri dari Pelindo III,” jelas Suryo.

Pelindo III mengusung konsep “Praja Abdi Karya” pada pelaksanaan program pemagangan bersertifikat tersebut pemagang memperoleh ilmu dan pengalaman untuk membangun negeri sesuai yang diterapkan Pelindo III.

Sekitar 38 mahasiswa terpilih dari beberapa universitas antara lain Universitas Airlangga, PENS, ITS, Poltekkes, UIN Sunan Ampel, PPNS dan STIAMAK (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan) Barunawati. Program tersebut meliputi berbagai aktifitas Pelayanan Jasa Kepelabuhanan, Sistem Teknologi Informasi, Keuangan, Teknik, Sumber Daya Manusia, Komersial, Publik Relations, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Risk Manajemen, Lingkungan Hidup hingga Administrasi Perkantoran.@Rel-Licom