LENSAINDONESIA.COM: Miris. Remaja sejoli ini nekat membuang bayi yang baru dilahirkannya di luar nikah. Bayi itu sengaja diletakkan di teras warga Desa Gajah Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur. Dalih pasangan ini, karena tak bisa mengurus dan tak punya biaya merawat.

Kedua pelaku itu, akhirnya harus berurusan dengan kepolisian untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Polres Jombang menangkap kedua sepasang kekasih, yaitu Yuda (20), dan Rika (19) di Jombang.

Kepada penyidik yang memeriksanya, pasangan ini mengaku sempat berniat mengambil kembali bayinya. Ini lantaran bayi yang diterlantarkan menjadi viral di media sosial beberapa hari ini. Namun, warga terlanjur melaporkan ke polisi atas penemuan bayi tersebut.

Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyo Budi, mengatakan, bahwa Polres Jombang menangkap dua pelaku yang ternyata belum menikah, namun tinggal seatap di daerah Malang. Pasangan ini tetap dilakukan proses hukum, setelah masalahnya berlangsung lebih dari 24 jam.

Gatot mengakui, bahwa kedua pelaku memang sempat mau mengambil bayinya kembali, setelah ramai dibicarakan di media sosial. Mereka diduga membuang bayi hasil hubungan gelap, bukan seperti pengakuan tidak punya biaya merawat. Tapi, diduga lantaran keduanya malu belum menjadi pasangan suami istri.

Saat bayinya ditinggalkan di teras rumah warga, keduanya juga menyertakan selembar surat. Isinya, agar pemilik rumah mau merawat bayinya itu. Namun, isi surat itu tidak disebutkan identitas keduanya.

Berikut isi surat kedua orang tua bayi, yang masih berusia remaja itu.

Assalamualaikum WR. Wb

Mohon maaf sebelumnya bapak/sekeluarga. Aku mau menitipin anak ini pak/bu tolong! Alasan saya mau nitipin anak itu karena keadaan ekonomi saya yang terbatas pak/buk.

Tolong pak/buk rawat anakku yang baik seperti anak bapak/ibu. Saya janji pak/buk suatu saat saya sering maupun tidak jenguk anak saya pak.

Sebelumnya minta maaf pak/buk saya bermalam-malam menganggu tidur bapak/ibu. Saya benar-benar minta maaf pak/buk ngrepotin bapak/ibu.

Saya kasihan pak/buk jika anak ini saya rawat sendiri. Saya tidak bisa memberi yang dia minta. Sekali lagi saya minta maaf.

Dan saya minta maaf pak/buk tindakan saya tidak sopan/tidak senonoh bahkan saya memprivasikan nama
pribadi saya.

Tapi saya benar-benar janji pak suatu saat aku menjenguk anakku pak – Terima Kasih.

Wassalamualaikum.

“Perbuatan kedua pelaku, bisa dijerat pidana Pasal 307 subsider pasal 305 KUHP, yang dengan sengaja menelantarkan anak umur kurang dari 7 tahun atau dengan sengaja untuk dipungut orang lain agar terbebas dari merawat yang ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara,” pungkas Kasareskrim AKP Gatot. @Obi