Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
F-PPP MPR RI dukung penuh Jokowi ajak ASEAN atasi krisis muslim Rohingya
Presdien Joko Widodo di KTT Asean Singapura. @foto: istimewa
Global

F-PPP MPR RI dukung penuh Jokowi ajak ASEAN atasi krisis muslim Rohingya 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sesi pleno KTT ke-33 ASEAN di Singapore, mengajak negara-negara ASEAN membantu mengatasi krisis Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Fraksi PPP MPR RI mendukung penuh sikap Pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam melindungi hak-hak azasi warga muslim di Asean.

“Mendukung sikap paemerintah RI dalam KTT ke-33 Asean di Singapura terkait dengan isu penyelesaian
Rakhine State yang mengedepankan keadilan dan kesetaraan bagi warga Rohingya dengan warga negara lainnya,” kata Ketua Fraksi PPP MPR RI, Arwani Thomafi dalam keterangannya kepada LensaIndonesia.com, Kamis (15/11/2018).

Diketahui, dalam Pleno KTT ke-33 Asean pada Selasa (12/11/2018), Jokowi juga menyebut, krisis di Negara Bagian Rakhine jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi Myanmar dan ASEAN, dan menciptakan menurunnya kepercayaan dunia internasional.

Bahkan, Presiden Jokowi berharap ASEAN dapat mengambil langkah maju dalam menyelesaikan krisis kemanusiaan tersebut. Mengingat selama lebih dari 50 tahun, ungkap Jokowi, kawasan Asia Tenggara menikmati keamanan dan perdamaian.

“Tahun 1967, ketika kawasan lain di dunia terpecah dan terjebak dalam perebutan kekuasaan dua negara
adikuasa, para pemimpin ASEAN sepakat untuk bersatu dan menciptakan kawasan damai dan sejahtera,” kata Jokowi, dilansir Kantor Berita Antara, Rabu (14/11/2018).

Merespon lebih jauh sikap Presiden Jokowi itu, Ketua Fraksi PPP MPR RI cukup mengapresi, karena persoalan asasi yang sampai saat ini masih krusial dihadapi warga Rohingya seperti masalah hak bertempat tinggal, klaim kepemilikan tanah, berbicara dan berkumpul serta bergerak juga hendaknya menjadi bagian dari pengakuan warga negara terhadap Rohingya.

Pemerintah Indonesia, menurut Arwani Thomafi yang juga Anggota Komisi I DPR RI ini, hendaknya bersama negara-negara ASEAN lebih aktif dalam menfasilitasi dialog dan perdamaian dalam kerangka negara kesatuan Myanmar.

Baca Juga:  Jadi tersangka kasus Jasmas, politisi Golkar DPRD Surabaya dijebloskan ke Rutan Medaeng

“Pemerintah Indonesia memiliki pengalaman dalam memfasilitasi perdamaian konflik vertikal maupun horisontal; hendaknya pengalaman ini dapat dijadikan modal penting dalam perdamaian di Rohingya,” terang Arwani Thomafi yang komisinya di DPR RI membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi itu.

Dia juga mengingatkan, bahwa upaya fasilitasi perdamaian merupakan bagian dari amanat konstitusi Indonesia dan misi ASEAN.

“Oleh karenanya, rakyat Indonesia sepenuhnya secara bulat mendukung berbagai upaya untuk terwujudnya perdamaian di Rohingya,” katanya.

Terkait dukungannya terhadap sikap Presiden Jokowi itu, Ketua Fraksi PPP di MPR RI ini siap
mendorong berbagai elemen di tanah air untuk ikut aktif menegakkan HAM bagi warga muslim Rohingya.

“Kami mendorong Civil Society Organisation (CSO) di Indonesia untuk bersama seluruh stakeholder
di Tanah Air turut mendorong penegakan HAM di Rohingya. Dorongan ini penting sebagai upaya kuat secara politik agar tegaknya HAM di Rakhine State,” pungkasnya. @licom_09

Keterangan foto:
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sesi pleno KTT ke-33 ASEAN di Singapore, mengajak negara-negara ASEAN membantu mengatasi krisis Rohingya. @foto: online24