Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Calon Wali Kota Surabaya yang diusung PKB, Fandi Utomo terus mendapat dukungan dari sejumlah elit parpol.

Achmad Baidowi, Wasekjen DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pun menilai Fandi Utomo memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni untuk memimpin Surabaya.

“Kemampuan beliau tidak diragukan lagi. Saat duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur dan reformasi birokrasi dan kepemiluan, beliau sangat memahami dan menguasai persoalan daerah. Sehingga pemikirannya sangat diperlukan untuk Surabaya kedepan,” ungkapnya.

Politisi yang juga duduk sebagai Anggota Komisi II DPR RI ini menuturkan, dirinya pernah bekerja sama dengan Fandi Utomo dalam Pansus RUU Pemilu. Menurutnya, peran dan pemikiran Fandi Utomo sangat berkontribusi besar pada UU pemilu yang saat ini digunakan.

“Saya pastikan seluruh teman atau rekan kerja yang pernah bekerja sama dengan Fandi Utomo di DPR RI memiliki pemikiran dan penilaian yang sama terkait sosok beliau. Fandi Utomo memiliki kemampuan yang patut didistribusikan untuk memimpin sebuah kota besar,” ungkapnya.

Terkait dukungan PPP kepada Fandi Utomo dalam Pilkada Surabaya 2020, Achmad Baidowi mengatakan harus mengikuti mekanisme partai. Namun pihaknya menyebut banyak faktor yang kemungkinan besar PPP memberikan dukungannya. Diantaranya, Fandi Utomo sejalan dengan PPP di Pilgub Jatim 2018 lalu, yakni bersinergi dengan Gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa.

“Fandi utomo turut andil besar dalam kemenangan ibu Khofifah dan itu sejalan dengan PPP. Apalagi memiliki kemampuan dan kapabilitas, artinya berbagai faktor penting untuk mendapatkan dukungan PPP sudah dimiliki Fandi utomo. Tinggal nanti dibahas dan diputuskan lewat mekanisme partai,” tuturnya.@wan