Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
PTPN X – Pertamina ajak petani milenial maksimalkan tanam tebu
CSR

PTPN X – Pertamina ajak petani milenial maksimalkan tanam tebu 

LENSAINDONESA.COM: Sejumlah 75 petani tebu muda mengikuti Pelatihan Petani Tebu Milenial yang digelar PTPN X bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) di Hotel Grand Surya beberapa waktu lalu.

Para petani muda tersebut merupakan binaan 9 pabrik gula kelolaan PTPN X yang ada di Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, dan Tulungagung.

“Pelatihan ini jadi salah satu wujud sinergi BUMN antara PTPN X dengan PT Pertamina (Persero). Dan kami sangat fokus meningkatkan pengetahuan tentang budidaya tebu khususnya untuk petani-petani muda,” ujar Soekamto, Sekretaris Perusahaan dan PKBL PTPN X dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/11/2018).

Ia menambahkan, para petani tebu tersebut dibekali ilmu budidaya tebu, mulai dari peluang dan potensi bisnis tebu, mekanisasi Tebang Muat Angkut (TMA), hingga penerapan core sampler dan e-Farming guna peningkatan produktivitas tebu.

“Para peserta juga diajak mengamati langsung peragaan mekanisasi cane planter, peragaan fertiliser aplikator, dan peragaan olah tanam dalam dengan subsiler di lahan HGU Jengkol, Kediri,” tandasnya.

Sementara itu, Andijanto Setyawan, Senior Analisis SMEPP Planning PT Pertamina (Persero) mengharapkan sinergi BUMN dengan PTPN X ini dapat terus terjalin dengan baik.

“Diharapkan dana sinergi BUMN dengan total nilai pinjaman sebesar Rp 50 Miliar ini mampu meningkatkan kinerja dari kedua belah pihak,” terang Andijanto.

Dana sinergi BUMN tersebut merupakan dana pinjaman berbunga ringan untuk para petani tebu. Sehingga adanya dana sinergi BUMN ini, para petani semakin termotivasi untuk berbudidaya tebu.@Rel-Licom

Baca Juga:  Pelindo III - PT Garam salurkan dana Rp 97 juta untuk air bersih di Kupang