Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Siswa berkebutuhan khusus (ABK) Homeschooling Kak Seto di Surabaya menerima Outbreak Response Immunization (ORI) difteri, Jumat (30/11/2018).

Sekitar 50 siswa di Homeschooling tersebut diimunisasi difteri dari petugas Puskesmas Jemursari Surabaya.

Pengasuh Friday class di PKBM Homeschooling Kak Seto, Ira Purwaningsih mengatakan, mereka yang mengikuti pemberian imunisasi difteri kali ini merupakan siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA di homeschooling Kak Seto.

“Mereka ada yang dari Surabaya, Gresik, Malang dan Mojokerto,” tandas Ira.

Per tanggal 30 November lalu, pelaksanaan ORI Difteri di Jawa Timur sudah mencapai 68,60 persen. Padahal untuk memperoleh kekebalan komunal, tingkat pelaksanaan di suatu daerah harus mencapai angka minimal 95 persen. Untuk itu, ORI DIfteri tahap ketiga dilangsungkan selama Bulan November – Desember.

Sementara itu, Kepala Perwakilan UNICEF Pulau Jawa, Arie Rukmantara menyampaikan, imunisasi merupakan hak anak memperoleh layanan kesehatan tanpa terkecuali.

“Hak anak, katanya, wajib dipenuhi oleh negara.  Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai representasi negara wajib memastikan setiap anak di Jatim termasuk berkebutuhan khusus, anak yang tinggal di layanan kesejahteraan dan yang tidak sekolah informal, seperti homeschooling atau peserta PKBM,” paparnya.

Untuk itu, lanjutnya, mereka sudah terdata melalui pendataan kependudukan terkini, sistem informasi berbasis masyarakat, atau kerjasama antara dinas sosial, dinas pendidikan,  dinas kesehatan, dan dinas perlindungan anak.

“No child gets left behind. Tak ada anak yang tertinggal jadi moto Gubernur Jawa Timur dan jajaran kesehatan yang perlu diacungi jempol.  Imunisasi, baik MR, ORI, maupun yang dasar dan rutin,  bukan hanya soal pencapaian tapi juga pemerataan,” jelasnya.

Kondisi di Jatim menunjukkan capaian 95% lebih untuk ORI difteri fase 1 dan 2 tidak cukup. Capaian harus merata di tiap kabupaten dan kota.

“Imunisasi ini untuk semua anak, Jatim kami yakin bisa merealisasikan target Universal Child Immunization (UCI),” pungkasnya.@Rel-Licom