Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Dapat ikan lebih banyak, nelayan Jatim pakai aplikasi Laut Nusantara
Gadget

Dapat ikan lebih banyak, nelayan Jatim pakai aplikasi Laut Nusantara 

LENSAINDONESIA.COM: XL Axiata edukasikan aplikasi Laut Nusantara di tiga kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Malang, Trenggalek, dan Situbondo.

Di gelaran ini, dari 100 nelayan tersebut dari masing-masing daerah dilatih terkait pemanfaatan aplikasi digital Laut Nusantara guna meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan saat bekerja.

Mochamad Imam Mualim, Group Head XL Axiata East Region menyampaikan, usai beberapa waktu lalu diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat nelayan di berbagai daerah.

“Tujuan kami tak hanya membuat saja, namun bisa benar-benar dimanfaatkan masyarakat nelayan untuk meningkatkan produktivitas untuk memperbaiki kualitas hidup mereka. Sebab itu, kami juga memiliki program sosialisasi langsung kepada masyatakat nelayan di berbagai daerah, termasuk di Jawa Timur yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten,” tandas Imam di Surabaya, Rabu (12/12/2018).

Ia menambahkkan, pada program sosialisasi ini tim dari XL Axiata mengajarkan langsung penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada para nelayan berijut pemahaman manfaat teknologi digital. Hal ini untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut, sekaligus memastikan keamanan saat bekerja.

“Salah satu fitur yang mereka butuhkan adalah petunjuk lokasi tempat ikan berada, dan selama ini belum pernah mereka perkirakan. Teknologi digital yang didukung data satelit mampu memberikan data-data teraebut,” jelas Imam.

Sosialisasi aplikasi Laut Nusantara ini melibatkan tim dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Mereka menyediakan data nelayan yang berhak memperoleh donasi di dua Kabupaten yakni Malang dan Trenggalek.@Eld-Licom

Baca Juga:  The NextDev 2019, Telkomsel jaring kreator star up berdampak sosial