LENSAINDONESIA.COM: Komisi B DPRD Surabaya meminta kepada Badan Pengawas (Bawas) untuk memberikan penjelasan terkait perekrutan Direktur PD Pasar Surya.

Sekretaris Komisi B DPRD Surabaya Edi Rahmat menyampaikan, hasil rapat dengan soal proses perekrutan direktur di perusahaan daerah milik Pemkot Surabaya ini tidak cukup memuaskan. Pasalnya, calon yang diajukan belum cukup memenuhi kriteria.

“Penjelasan yang sempat disampaikan tidak linier dan sangat normatif. Padahal rekrutmen direktur sangat signifikan dan harus serius. Jawaban yang disampaikan seperti anak SMP, kalau seperti ini susah wali kota akan mempercayai dan menerima hasil yang disodorkan nanti,” kata politisi Partai Hanura ini.

Edi menambahkan, legislatif tidak ingin kualitas dierktur yang memegang kendali perusahaan yang mengurusi pasar tradisional ini asal-asalan. Apalagi, sebelumnya di internal PD Pasar Surya sengan terjadi masalah yang rumit sehingga membutuhkan pemimpin yang punya kemampuan. “Apalagi calon yang ada sekarang pernah gagal saat perekrutan sebelumnya” jelas Edi Rahmat.

Zakaria, Anggota Komisi B menambahkan, saat ini penilaian Komisi B terhadap proses perekrutan belum puas. Terutama dari proses rekam jejak calon yang harus sesuai bidangnya. “Seharusnya masyarakat secara terbuka bisa memberikan masukan soal kapasitas para calon mulai dari perilaku kesehariannya sampai prestasi-prestasi dan kemampuan managerialnya” tambah Zakaria anggota Komisi B.

Pihaknya berharap, perekrutan kali ini berhasil menentukan direktur termasuk direktur utama. Hal ini dikarenakan anggaran yang dikeluarkan tidak sia-sia seperti kegagalan sebelumnya. “Agar anggaran yang dikeluarkan tidak sia-sia seperti tiga kali perekrutan sebelumnya. Setiap proses perekrutan menghabiskan anggaran sekitar Rp 200 juta,” katanya.@wan

Berikut 16 nama calon Direksi PD Pasar Surya yang menjalani fit and proper test:

Direktur Utama
1. Angga Primadi Purbianto
2. RM Muchlissaleh Diponegoro
3. Zandi Ferryansa
4. Teguh Wijayanto

Direktur Administrasi Keuangan
1. Muhammad Eddy Rosyadi
2. Yanuar Budianto
3. Fajar Raharjo
4. Sutjahjo

Direktur Pembinaan Pedagang
1. Roy Hermawan W
2. Wahyu Siswanto
3. Abdulloh
4. M Taufikurahman

Direktur Teknik dan Usaha
1. Heru Rachim Kurniawan
2. Muhibudin
3. Yusuf Wibisono
4. Rakhmad Yulianto