Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Lestarikan budaya, Disbudpar Surabaya gelar Festival Ludruk 2018
Festival Ludruk, di Balai Pemuda Surabaya Kamis (13/18/2018). FOTO: Iwan-LICOM
Art & Culture

Lestarikan budaya, Disbudpar Surabaya gelar Festival Ludruk 2018 

LENSAINDONESIA.COM: Kesenian ludruk menjadi prioritas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya untuk dilestarikan. Melalui Festival Lurdruk 2018, kesenian teater guyonan khas dialog Suroboyoan ini dimainkan oleh berbagi kelompok pelajar dan anak-anak.

Kadisbudpar Surabaya Antiek Sugiharti menyampaikan, kegiatan Fertival Ludruk yang diikuti oleh anak-anak sebagai upaya untuk melestarikan budaya lokal agar bisa tetap dikenal oleh generasi muda.

“Antusiasnya luar biasa. Kegiatan ini diikuti oleh 12 kelompok dari sekolah SMP, SMK dan komunitas luduruk pelajar. Mereka selama ini kita bina,” kata Antiek saat menghadiri Festival Ludruk, di Balai Pemuda Surabaya Kamis (13/18/2018).

Saat ini, Pemkot Surabaya gencar melakukan kegiatan dan program untuk melestarikan budaya lokal termasuk kesenian ludruk. Karena itu, Antiek berharap kegiatan Festival Ludruk bisa menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk tetap mencintai budaya lokal.

“Artinya berkesinambunyan ketika seniman ludruk masih ada, generasi muda masih bisa belajar untuk melestarikan,” katanya.

Antiek menyebutkan, selain menggelar acara kesenian, generasi muda juga bisa belajar di rumah kreatif untuk mengenal kesenian. “Disitu bisa belajar kesenian lukis, tari, patung, dan ludruk,” jelasnya.

Antiek berharap, dengan pelestarian budaya dan kegiatan festival ludruk bisa menjaga kesenian lokal tetap eksis. Termasuk tetap menjaga prestasi seniman ludruk di kancah nasional maupun internasional.

“Beberapa kelompok ludruk dari Surabaya menjadi juara di Jatim bahkan Nasional. Karena itu mereka juga kita beri kesempatan dalam kegiatan dan pertunjukan di beberapa even yang kita gelar. Misalkan di acara mlaku-mlaku di Tunjungan dan THR,” tambahnya.@wan

Baca Juga:  OTT di Yogyakarta, KPK amankan sejumlah orang dan uang ratusan juta rupiah