Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: KH. Buchori Amin meninggal dunia saat memberikan tausiyah dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Wisuda Madrasah Diniyah Al Ishlahiyah di Yayasan Ponpes Al Ishlahiyah Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (15/12/2018).

Kiai Buchori Amin menghembuskan nafas terakhir saat berada di atas panggung pukul 14.30 WIB. Saat itu ia tengah mengucapkan “Luli bejo, luli bejo, wong sing gak tahu kepetuk aku (Sangat beruntung, sangat beruntung. Orang yang tidak pernah bertemu Nabi Muhammad, tapi beriman pada Nabi Muhammad SAW-red)”. Usai mengucapkan kalimat itu, badan Wakil Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang tersebut terhuyung kebelakan hingga tergeletak di sandaran kursi. Mikrophone yang dipegangnya pun terjatuh ke lantai.

Melihat kejadian itu, panitia kegiatan yang mendunga sang kiai pingsan langsung melakukan pertolongan dan membawa KH. Buchori Amin ke Muslimat Medical Center Singosari dengan didampingi KH Tholhah Hasan. Namun sayang, nyawa ulama yang dikenal sebagai singa podium itu tidak bisa diselamatkan. Kiai Buchori berpulang ke rahmatullah.

Ketua Panitia Maulid Nabi di Ponpes Al Ishlahiyah Fathul Wahab mengungkapkan, Kiai Buchori mendadak pingsan saat ceramah belum sampai 30 menit. “Beliau Mauidhah belum ada 30 menit, kemudian mikrophpne yang dipegangnya terjatuh. Kemudian dibawa ke Klinik Rawat Inap Muslimat Singosari,” katanya.

“Saat itu kebetulan ada wali santri yang perawat, sudah mengecek kondisi Kiai Buchori dan sudah dalam kondisi meninggal dunia,” katanya.

Fathul Wahab menyampaikan, menurut keterangan dokter Klinik Rawat Inap Fatayat, Kiai Buchori mengalami serangan jantung. “Menurut keterangan dokter di Klinik Rawat Inap Fatayat, beliau meninggal karena serangan jantung,” ungkapnya.

Jenazah Kiai Buchori akan dimakamkan di kediamannya di Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. “Akan di makamkan di kediamannya pukul 18.00 WIB,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim Syadad mengaku sangat terkejut atas wafatnya Kiai Buchori yang mendadak ini. “Inalillahiwainailahi Rojiun. Kami sangat berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya KH Buchori Amin. Beliau Wakil Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang. Kami sangst kehilangan sosok Kiai Buchori Amin yang pemberani, istiqamah dalam bernahdlatul ulama,” ujarnya.@LI-13

Ini Video Detik-Detik Meninggalnya KH Buchori Amin saat bercaremah: