Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV melangkah untuk melakukan single billing secara nasional melalui program Integrated Billing System.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto mengatakan, langkah ini tiada lain untuk memudahkan dan menghemat biaya logistik, sebab menjadi satu sistem antara Pekindo I, II, Iaiai dan IV.

“IBS kali ini sudah memasuki tahap 3, dalam 1,5 tahun ini dalam proses penyesuaian fitur. Ringkasnya, program ini menggunakan satu database customer yang dipakai bersama-sama,” tegas Direktur Operasi dan Komersial tandas Putut saat dikonfirmasi Lensaindonesia.com di Surabaya, Jumat (14/12/2018).

Ia menambahkan, konsumen jasa dari Pelindo akan dimudahkan cukup melalui satu portal saja.
“Pelanggan jasa dari Pelindo I, II, III, dan IV nantinya bisa menikmati fitur dan transaksi kepelabuhanan cukup mengunjungi satu portal saja,” tandas Putut.

Putut menjelaskan, untuk penggabungan layanan ini, masing-masing Pelindo akan menyiapkan infrastruktur pendukung layanan satu portal tersebut.

“Terkait kelangsungan infrastruktur dan pendukung layanan satu portal setiap Pelindo biayanya ditanggung masing-masing. Untuk tarif layanan, sesuai yang berlaku pada masing-masing Pelindo. ,” papar Putut. Kami berharap para 31 Mei 2019 mendatang, seluruh layanan di Pelindo sudah terintegrasi,” pungkas Putut.@Eld-Licom