Advertisement

LENSAINDONESIA COM: PT Pertamina Patra Niaga (PPN) membangun Depot Mini LPG di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat dengan luas lahan 60.310M².

Direktur Utama PPN, Ageng Giriyono mengatakan, pembangunan Depot Mini tersebut untuk memenuhi kebutuhan LPG di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya. Langkah ini juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Lombok khususnya serta ketahanan stock dari 3 hari menjadi 10 hari sehingga security of supply meningkat.

“Kami berharap doa dan dukungan dari semua pihak agar Depot LPG ini berjalan sesuai tujuannya. Pembangunan Depot Mini LPG di Lombok Barat ini menjadi yang pertama di NTB,” paparnya dalam keterangan resminya, Jumat (14/12/2018).

Ia menambahkan, Depot Mini LPG ini berkapasitas 2 X 1500MT dengan kapasitas dermaga 3500DWT yang menjadi bagian dari program Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) untuk mendukung program konversi minyak tanah ke elpiji.

“Supply Point untuk Depot Mini LPG ini didatangkan dari Kalbut Situbondo melalui kapal tanker LPG yang bersandar langsung di lokasi Depot Mini LPG yang kemudian disimpan di Storage LPG Lombok dan di salurkan ke SPPBE menggunakan Skid Tank Truck LPG berkapasitas 12MT,” imbuhnya.

Sementara itu, SVP Corporate Marketing Business PT Pertamina (Persero) Kusnendar berpendapat, daerah Sekotong cukup berpotensi, sebab dinilai kedalaman perairan dan ombaknya yang sesuai, sehingga kapal tanker pengangkut LPG mampu melakukan bongkar muat dengan aman.

“Sekotong sangat ideal bagi kapal untuk bersandar. Dengan posisi teluk yang menjorok ke dalam, gangguan angin terhadap kapal yang membawa LPG akan teratasi,” tutup Kusnendar.@Rel-Licom