Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gunung Soputan erupsi 3 kali, status level III langsung ditetapkan
Erupsi Gunung Soputan
HEADLINE

Gunung Soputan erupsi 3 kali, status level III langsung ditetapkan 

LENSAINDONESIA.COM: Gunung Soputan di Sulawesi Utara mengalami erupsi hingga 3 kali, Minggu (16/12/2018) pukul 03.09 WITA. Menurut pos pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di lokasi, kolom abu vulkanik terlontar hingga 3.000 meter (3 Km) dari atas puncak (4.809 meter di atas permukaan laut).

Melalui keterangan tertulis PVMBG yang diterima Antara, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. “Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi 5 menit 51 detik,” jelasnya.

Pos pengamatan yang berada sekitar 10 km di baratdaya puncak, langsung menetapkan status Level III (Siaga) begitu terdengar suara gemuruh yang terus terdengar hingga saat ini. “Seismograf masih merekam tremor menerus mengindikasikan bahwa erupsi masih berlangsung,” sambungnya.

PVMBG mengimbau, warga tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6,5 kilometer. Daerah itu diketahui merupakan daerah bukaan kawah yang bakal dialiri lelehan lava dan awan panas guguran. “Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut afar tak terkena gangguan saluran pernapasan,” demikian keterangan PVMBG.

Sedangkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara, Ferry Uway menyatakan pihaknya telah bersiaga mengantisipasi eskalasi dampak yang lebih besar dari erupsi Gunung Soputan. “Kami sudah bersiaga di sekitar lokasi yang terdampak. Saat ini pembagian masker sudah dilakukan untuk warga,” tukasnya. @LI-15

Baca Juga:  IPI kumpulkan pakar bahas wacana KPU "keukeuh" larang Koruptor ikut Pilkada serentak 2020