Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jokowi khusyuk berdoa di makam KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur
Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Tebu Ireng yakni KH Hasyim Asyari dan ke makam Presiden RI keempat KH Abdulrahman Wahid (Gus Dur). Presiden Joko Widodo berziarah didampingi KH Salahuddin Wahid / Gus Sholah dan putri (alm) Gus Dur yakni Yenny Wahid. FOTO: tribune
HEADLINE JATIM RAYA

Jokowi khusyuk berdoa di makam KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng saat berada di Kabupaten Jombang, Selasa (18/12/2018).

Jokowi yang didampingi sejumlah menteri, staf khusus, Kapolri dan Gubernur Jawa Timur tersebut disambut langsung oleh pengurus Pondok Pesantren Tebuireng, Salahuddin Wahid atau Gus Solah, putri Presiden ke-4 RI, Almarhum Abdurrachman Wahid atau Gusdur, Yenny Wahid dan jajaran pengurus pondok pesantren.

Sesaat setelah melakukan perbincangan, rombongan Jokowi lantas diantar menuju lokasi makam yang ada di halaman belakang.

Di lokasi pemakaman keluarga besar Ponpes Tebuireng tersebut, Jokowi berziarah di makam KH Hasyim Asy’ari, KH Wachid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Jokowi tampak khusyuk saat bersimpuh sambil berdoa di samping makam KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur, didampingi Yenny Wahid.

Setelah melakukan tabur bunga, Jokowi kemudian meninggalkan kompleks pemakaman lalu menuju lokasi Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari untuk acara peresmian.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan apa yang ada di benaknya mengenai sosok KH Hasyim Asy’ari, yang namanya digunakan sebagai museum tersebut.

“Saya membayangkan begitu besarnya semangat perjuangan beliau. Begitu besarnya rasa cinta beliau beserta para ulama pada tanah air kita Indonesia sehingga KH Hasyim Asy’ari bersama dengan para ulama lainnya dengan berani, dengan keteguhan hati, mendeklarasikan perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia sebagai perang jihad fisabilillah, jihad di jalan Allah,” katanya.@LI-13

Baca Juga:  Akun Facebook dan WhatsApp pejabat Polda Kalteng dikloning orang tak dikenal, masyarakat diimbau waspada penipuan