Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III salurkan dana kemitraan tahap III/2018 sebesar Rp 1,190 miliar untuk UKM di wilayah Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).

CEO Pelindo III Regional Jawa Timur, Onny Djayus mengutarakan, terselenggaranya program ini para mitra binaan UMKM memperoleh perhatian untuk akses permodalan, akses informasi teknologi, maupun akses pasar guna pengembangan usaha.

“Total dana tersebut disalurkan kepada 25 mitra binaan baru dari berbagai kota diwilayah Jawa Timur.” jelas Onny.

Ia menambahkan, dana tersebut untuk bidang usaha perdagangan, perindustrian, peternakan, hingga jasa. Semua mitra binaan tersebut ada di kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Nganjuk, Malang, Blitar, Bangkalan, Sumenep, Jombang, dan Gresik.

“Selama tahun 2018 ini Pelindo III telah menggelontorkan dana kemitraan total Rp3,7 miliar dalam 3 tahap untuk 87 mitra baru di wilayah Jawa Timur, yang terdiri dari : tahap ke-1 sebanyak 42 mitra binaan dengan nilai Rp 1,7 Miliar, dan tahap ke-2 sebanyak 20 mitra binaan dengan nilai Rp877 Juta. Hingga kini, tercatat sebanyak 540 mitra binaan yang aktif tersebar diseluruh Jawa Timur,” papar Onny.

Sementara itu, Wilis Aji, Humas Pelindo III Regional Jawa Timur menjelaskan, program ini rutin digelar Pelindo III saat menyalurkan dana program kemitraan yang tak hanya memberikan dananya, namun terus memantau, mengawasi dan memberikan bekal melalui pelatihan untuk para UKM.

“UKM penerima dana kemitraan itu terseleksi. Persyaratannya mencakup banyak aspek, utamanya usaha telah berjalan minimal enam bulan dan memiliki laporan keuangan kendati sederhana. Sedangkan jasa administrasi hanya tiga persen per tahun dengan jangka waktu pinjaman minimal 24 bulan dan maksimal 60 bulan.” pungkas Wilis.@Rel-Licom