Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Songsong PON Papua 2020, KONI Jatim siapkan skema penambahan personil
Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung. FOTO: Istimewa
HEADLINE SPORT

Songsong PON Papua 2020, KONI Jatim siapkan skema penambahan personil 

LENSAINDONESIA.COM: Menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menyiapkan beberapa skema untuk mendukung kesiapan para atlet.

Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung menyebut, jika skema yang disiapkan adalah penambahan personil pendukung atlet. Seperti tim dokter, tim masase, tim psikologi, dan juru masak.

Ia menjelaskan jika skema ini dirasa sangat perlu berkaca pada kondisi di Papua yang berbeda jauh dengan Jawa Barat. Di mana, saat PON Jabar 2016 hanya ada satu posko utama. Namun, karena kondisi geografis di Papua yang aksesnya dari Kota atau Kabupaten Jayapura ke daerah lain hanya dapat ditempuh menggunakan pesawat terbang.

“Sehingga, nanti setiap daerah itu punya posko utama masing-masing,” ujar Erlangga saat ditemui di Gedung KONI Jatim, Selasa (18/12/2018).

Karena itu, lanjut Erlangga, perlu adanya penambahan personil pendukung. Sebab, melihat situasi saat ini Papua dinilai masih belum siap. Misalnya, ketersediaan dokter dan obat-obatan yang diperlukan para atlet, serta kesiapan katering dari PB PON untuk melayani ribuan bahkan puluhan ribu atlet.

Tak hanya itu, jumlah rumah sakit atau klinik yang dapat menampung atlet yang cedera atau sakit pun juga terbatas.

“Karena itu, kita mungkin akan menambah personil yang akan kita tempatkan di setiap posko. Nanti disitu sudah ada dokternya, masasenya, psikolognya, dan juru masak sendiri. Bayangkan saja, di Jawa Barat yang semuanya serba mudah saja masih bermasalah, apalagi di Papua nanti. Ini yang sedang kita matangkan,” imbuh Erlangga.

Meski begitu, ia tetap berharap agar PB PON dapat memikirkan ini dan bisa membenahi bahkan menambah fasilitas pendukung yang ada. Sehingga, pelaksanaan PON dapat berjalan lancar.@fredy

Baca Juga:  BJ Habibie wafat, Gubernur Khofifah ajak warga Jatim kirim doa