Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Market place Bukalapak kerja bareng APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) membidik 12,5 juta UMKM Jatim untuk segera didigatilisasi.

Hal ini dilakukan pada program Ekspedisi Jalur Darat APPSI bertujuan menggali segala potensi komuditas unggulan di 34 provinsi, khususnya di Jatim.

Associate Vice President of Public Policy and Government Relations Bukalapak, Bima Laga mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan halaman untuk produk UMKM dalam platform Bukalapak.

“Memang rencana untuk penyematan halaman untuk produk UMKM setiap daerah akan kami lakukan. Dan itu untuk mempermudah pelanggan kami. Dalam waktu dekat ini Jabar terlebih dahulu, baru menyusul provinsi lainnya,” papar Bima kepada Lensaindonesia com, Jumat (21/12/2018).

Ia menambahkan, pihaknya juga memproyeksikan bakal mengintegerasikan sistemnya dengan 8 juta UMKM di tahun depan secara nasional.

“Untuk saat ini sudah mencapai 4 juta UMKM di Indonesia yang terintegerasi dengan kami. Dan tahun depan kami optimis mencapai 8 juta UMKM,” tegas Bima.

Sementara itu, Ketua Tim Ekspedisi Jalur Darat APPSI Kiagus Firdaus menyampaikan, Ekspedisi Jalur Darat APPSI ini bermaksud menaikkan kelas produk unggulan di 34 provinsi, termasuk Jatim. Dan ekspedisi ini berawalndari Aceh dan berakhir di Jatim.

‚ÄúDalam perjalanan ekspedisi ini, sudah 170 UMKM yang kami kunjungi. Diantara bebebrapa UMKM tersebut yang sering terkendala untuk digitalisasi didominasi wilayah Indonesia bagian timur. Hal ini disebabkan karena keterbatasan akses internet, padahal masyarakatnya sudah cukup siap,” pungkasnya.@Eld-Licom