LENSAINDONESIA.COM: Recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles sejak Selasa (18/12/2018) lalu, sudah nyaris sempurna setelah dilakukan tahap pemberian aspal cair, Rabu (26/12/2018) pagi.

Pemberian aspal cair di permukaan jalan ini dimaksudkan untuk untuk merekatkan tanah hasil pengurukan. “Diberi aspal cair dulu agar tanah-tanah hasil urukan ini merekat. Baru nanti selanjutnya akan diaspal dengan sempurna menggunakan campuran batu-batu kecil sebagai bahan utamanya,” terang salah satu pekerja.

Nampak para pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan juga tengah membersihkan sisa-sisa pasir sirtu bekas pengurukan yang tercecer. Para pekerja juga sedang memasang box culvert di kedua sisi Jalan Raya Gubeng.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya yang ngebut pengerjaan Jalan Raya Gubeng agar secepatnya bisa berfungsi lagi, menggunakan ratusan karung goni untuk melakukan proses pengeringan urukan tanah yang telah dipadatkan dan diratakan.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini nampak hadir di lokasi dengan didampingi sejumlah pejabat Pemkot, untuk mengawasi langsung para pekerja yang membeber karung-karung itu di titik-titik urukan yang basah.

Rencananya, hari ini Walikota Risma akan meminta ijin Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim untuk bisa membuka lagi akses Jalan Raya Gubeng yang ambles pada. @wan