Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Palu dan Donggala kembali diguncang gempa bumi pagi tadi
Ilustrasi gempa palu dan Donggala
HEADLINE

Palu dan Donggala kembali diguncang gempa bumi pagi tadi 

LENSAINDONESIA.COM: Gempa bumi kembali mengguncang Palu, Sulawesi Tengah Rabu (26/12/2018) pukul 08.22. Situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan magnitudo 3,2.

BMKG mencatat, pusat gempa berada di darat 9 kilometer barat daya Palu di kedalaman 7 kilometer, tepatnya di titik 0.95 lintang selatan dan 119.81 bujur timur. Gempa bumi bisa dirasakan dalam skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) di Palu.

Sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (26/12/2018) pukul 03.36. Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi terjadi di 1,1 Lintang Selatan – 119,67 Bujur Timur dengan kedalaman 8 kilometer.

Pusat gempa bumi berada di darat 6 kilometer Barat Daya Kabupaten Donggala. Getaran gempa dirasakan sampai Palu dalam skala II MMI.

Dikutip dari laman BMKG, Skala Mercalli merupakan salah satu satuan pengukur kekuatan gempa bumi, jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian

Dalam skala II, getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Pada skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam dan di luar rumah serta getarannya mampu menggoyang jendela dan pintu.

Pada skala V, getaran dirasakan semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang. @MC/LI-15

Baca Juga:  Mahasiswa UI temukan obat alternative kanker serviks dari racun duri lionfish