Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Biji bunga matahari yang dikeringkan lalu dijadikan camilan kuaci merupakan makanan yang lumayan populer di Indonesia. Selain murah, rasanya yang miirp kacang disertai sedikit asin membuatnya sangat digemari.

Kuaci tergolong camilan sehat karena rendah kalori dan sarat vitamin E. Kandungan vitamin ini bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan diabetes.

Untuk pria, vitamin E dalam kuaci dipercaya bisa mengurangi hipertensi, meningkatkan kesuburan, bagus untuk pencernaan dan mencegah kerusakan mata.

Dilansir dari laman Boldsky.com, berikut manfaat kuaci;

1. Menguatkan tulang
Kandungan magnesium yang cukup tinggi pada kuaci diyakini dapat membantu mempertahankan kekuatan tulang.

2. Mencegah kanker
Kuaci diperkaya vitamin E, selenium, dan tembaga. Ketiga zat ini memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel yang mengarah ke kanker.

3. Meringankan stres
Magnesium di dalam kuaci biji bunga matahai juga mampu menenangkan saraf. Secara langsung, konsumsi kuaci bisa digunakan untuk meredakan stres dan migrain.

4. Menurunkan kolesterol
Kandungan serat yang tinggi dalam kuaci dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

5. Mencegah penyakit kardiovaskular
Vitamin C yang hadir dalam bunga matahari bermanfaat mencegah penyakit kardiovaskular. Pasalnya, vitamin C mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Meningkatkan kemampuan pencernaan
Makan kuaci secara teratur juga bisa membantu meningkatkan pencernaan dan buang air besar. Hal itu karena kuaci biji bunga matahari mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga mampu menyingkirkan sembelit. @LI-15