Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jokowi lantik Budi Waseso jadi Ketua Kwarnas Pramuka
Komjen Pol (Purn) Budi Waseso Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. FOTO: rudi-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Jokowi lantik Budi Waseso jadi Ketua Kwarnas Pramuka 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo melantik Komjen Pol (Purn) Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 menggantikan Adhyaksa Dault.

Pelantikan dilaksanakan di halaman tengah antar Istana Negara dan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Pelantikan 86 orang pengurus Kwarnas ini merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 67/M/2018 tanggal 26 Desember 2018 tentang Pengukuhan Susunan Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti 2018-2023.

Selain pengurus, dilantik pula Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarnas yang terdiri dari wakil-wakil daerah sesuai hasil Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka 2018 di Kendari, Sulawesi Tenggara, akhir September 2018.

Dalam pelantikan kali ini, hadir pula unsur Dewan Kerja Nasional (DKN) 2018-2023 yang terdiri dari para Pramuka Penegak dan Pandega (16-25 tahun) terpilih.

Pelantikan pengurus Kwarnas kali ini menandai penggantian dari pengurus lama masa bakti 2013-2018 yang dipimpin Dr. Adhyaksa Dault, SH, kepada pengurus baru hasil pilihan tim formatur yang dibentuk pada saat Munas Gerakan Pramuka akhir September 2018.

Di bawah kepemimpinan Budi Waseso rencana dan program kerja pengurus Kwarnas baru akan dititikberatkan pada pelaksanaan keputusan-keputusan Munas dalam bentuk Dasa Karya Gerakan Pramuka. Setiap kepengurusan di Kwartir baik di tingkat pusat sampai ranting diharapkan bisa mengimplementasikan Dasa Karya dalam bentuk kegitan yang konkret.

“Sepuluh karya ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas Gerakan Pramuka, baik secara internal, eksternal, maupun di tingkat internasional. Karena itu kami berharap kepengurusan baru ini bisa mengimplementasikan sepuluh Dasa Karya itu dalam bentuk kegiatan yang konkret demi kemajuan Gerakan Pramuka,” ujar Budi Waseso yang juga menjabat Kepala Bulog.

Dasa Karya itu yakni:
1. Penguatan Kwartir
2. Penguatan Kwartir, pengembangan Pusdik dan Puslitbang
3. Memperkuat peran kehumasan
4. Sentra perkemahan terintegrasi
5. Manajemen aset yang baik dan mandiri secara finansial
6. Pramuka agen perubahan berbasis sesosif
7. Pramuka yang kreatif dan inovatif
8. Pramuka berwirausaha
9. Pramuka bermasyarakat
10. Pramuka berwawasan dan global

Mantan Kabareskrim Polri ini juga menekankan pentingnya Pramuka untuk terus mewujudkan semangat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kesiapan bela negara untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga:  Pengurus Perwosi Jombang dikukuhkan, bupati janji tingkatkan anggaran Rp50 juta per tahun

“Sejak kelahirannya Pramuka dibentuk untuk menyatukan dan memperkuat NKRI. Jadi setiap waktu komitmen dan semangat bela negara dalam diri Pramuka harus terus ditanamkan. Pengabdian di masyarakat, rela menolong dan tabah adalah salah satu cermin dari sifat bela negara dan revolusi mental Pramuka,” katanya.

Ia memaparkan, dalam menjalankan tugasnya ia dibantu bersama 13 Pengurus Harian yang terdiri dari Wakil Ketua Bidang Perencanaan dan Pengembangan (Jana T. Anggadiredja), Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Supriyadi), Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Suyatno), Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum (Chairul Huda).

Wakil Ketua Bidang Aset dan Usaha (Yulius), Wakil Ketua Bidang Kerjasama Dalam Negeri (Dede Yusuf Macan Efendi), Wakil Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri (Ahmad Rusdi), Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Informatika (Berthold Sinaulan), Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat (GKR Mangkubumi)

Wakil Ketua Saka, Sako dan Gusdarma (Laksamana Muda TNI (Purn) Kingkin Suroso), Wakil Ketua Bidang Bela Negara (Brigjen TNI Hasto Pratisto Yuwono), Sekretaris Jenderal (Mayjen TNI (Purn) Bachtiar), dan Bendahara (Afan A. Nugroho). Para wakil ketua ini juga akan dibantu oleh Andalan Nasional sesuai bidang masing-masing.

Budi berharap kepengurusan baru ini bisa menjaga amanah dan bekerja sebaik mungkin untuk kemajuan Gerakan Pramuka. Tak lupa, Kak Budi juga meminta suport dan kerjasamanya kepada semua pihak dalam menjalankan kepengurusan ini selama lima tahun ke depan agar bisa konsisten.

“Dukungan dan kerjasama yang baik dari kakak-kakak jadi modal kami untuk membawa perahu besar Gerakan Pramuka ini ke arah yang lebih maju. Saya yakin jajaran pengurus baru punya komitmen, loyalitas, kemampuan dan integritas yang tinggi untuk bekerja demi nama baik Pramuka,” tutur Budi Waseso.@rudi

Baca Juga:  Pelaku curanmor dihajar warga di Pasar Balongsari