Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Taliban gencar melancarkan serangan ke Afghanistan Utara, sehingga mengakibatkan puluhan anggota pasukan keamanan tewas dan luka-luka, Selasa (1/1/2019).

Pejabat setempat menyampaikan serangan serentak terjadi di tiga tempat dan yang paling mematikan terjadi di Provinsi Sar-i-Pul. Sedikitnya 21 orang tewas akibat gempuran milisi Taliban.

Juru Bicara Gubernur Sar-i-Pul, Zabihullah Amani, mengatakan Taliban secara serentak menyerang pusat Distrik Sayad dan pos-pos keamanan di sepanjang jalan raya yang menghubungkan Sar-i-Pul dengan Jowzjan, serta sebuah desa dengan sumur minyak. “Ini adalah serangan yang sangat hebat,” terangnya dilansir The New York Times, Rabu (2/1/2019).

Saat dua pos keamanan dikepung Taliban dan baku tembak menyebabkan 25 anggota pasukan keamanan terluka. Namun Taliban yang berniat mengendalikan sumur minyak di desa Qashqari, gagal memenuhi targetnya. “Mereka tidak berhasil,” sambung Amani.

Sedangkan Gubernur Distrik, Hayatullah Sayadi, menyampaikan milisi Taliban menyerang pusat Sayad dari tiga arah dan berhasil 7 polisi setempat dan 8 lainnya terluka.

Polisi dan kepala intelijen provinsi dipanggil untuk membantu. Namun mereka disergap Taliban. Sampai saat ini belum jelas apakah ada korban dalam penyergapan tersebut.

Taliban juga menyerang pos keamanan terdepan di Distrik Chemtal, utara Provinsi Balkh. Serangan itu menewaskan 6 polisi dan 7 lainnya. “Taliban menyita semua senjata dan peralatan di pos terdepan,” jelas Komandan Polisi Rahmatullah Khan. @LI-15