Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Apple Developer Academy hadir di Surabaya, sementara terima 200 mahasiswa
Gadget

Apple Developer Academy hadir di Surabaya, sementara terima 200 mahasiswa 

LENSAINDONESIA.COM: Apple Developer Academy kedua kini hadir di Surabaya. Pusat pelatihan pengembang software berbasis iOS ini tengah dibangun dan bakal beroperasi pada Maret 2019 mendatang.

Terkait kuota peserta Apple Academy Surabaya, hanya terbatas 200 orang, jumlah yang sama dengan peserta Apple Developer Academy di BSD. Sebab intensitas programnya belum memadai menghimpun banyak peserta.

Indonesia jadi tujuan Apple guna memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) bagi produk 4G LTE. Per 2017, piranti 4G LTE di Indonesia termasuk ponsel pintar, minimal harus berkadar 30%.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Janu Suryanto menyampaikan, akademi kedua Apple akan berdiri di Surabaya. Pusat pengembangan tersebut ditargetkan beroperasi Maret 2018 dan didirikan bersama Universitas Ciputra sebagai penyedia lokasi.

“Para peserta program akan memperoleh berbagai fasilitas serta dibina oleh tentor dari berbagai bidang, termasuk ahli dari markas Apple di Amerika Serikat,” tandas Janu yang dilansir dari Bisnis.com, Kamis (03/01/2019).

Selain itu, Apple berkomitmen berinvestasi US$44 juta atau sekitar Rp638 miliar di Indonesia berupa adanya tiga akademi pengembang untuk mengantongi sertifikat TKDN perangkat ponsel pintar sebesar 30%. Komitmen tersebut harus direalisasikan dalam 3 tahun, yakni sebelum 2019 berakhir.

“Apple merealisasikan investasi tahap pertama melalui Apple Developer Academy di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Banten. Fasilitas yang beroperasi sejak Maret 2018 lalu itu telah membina 200 peserta untuk mengikuti program pendidikan pengembangan aplikasi berbasis sistem operasi iOS selama 1 tahun,” papar Janu.

Foto: ilust-ist

 

 

Baca Juga:  Jadi tersangka kasus Jasmas, politisi Golkar DPRD Surabaya dijebloskan ke Rutan Medaeng