Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Terkait informasi penghentian layanan Free Baggage Allowance (FBA), pihak Lion Air Group memberikan jawabannya melalui keterangan tertulis dari Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Jumat (04/01/2019).

Dalam keterangan resminya ia mengatakan, Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru, yakni penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis/ cuma-cuma (free baggage allowance) efektif 8 Januari 2019 hingga batas waktu yang tak ditentukan (until further notice/ UFN).

“Ketentuan barang di bagasi yang diberlakukan dalam aturan baru tersebut diantaranya bagi seluruh penerbangan domestik Lion Air tak diberlakukan bagasi cuma-cuma 20kg per penumpang. Dan untuk penerbangan domestik Wings Air, tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma untuk 10kg per penumpang,” papar Danang kepada Lensaindonesia.com

Ia menambahkan, bila ada penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019, masih bisa memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air.

“Terkait voucher pre-paid baggage, kepada calon penumpang bisa membeli dengan harga terjangkau dan lebih hemat bersamaan pembelian tiket (issued ticket) atau usai pembelian tiket dengan batas waktu enam jam sebelum waktu keberangkatan melalui melalui agen perjalanan (tour and travel), website Lion Air dan kantor penjualan tiket Lion Air Group,” tandas Danang.

Sebagai informasi, setiap calon penumpang (kecuali bayi), diperkenankan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) halnya tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita (hand luggage). Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.@Eld-Licom

Foto: ilust-ist