Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pertamina Marketing Operation Region III Jawa Bagian Barat melalui Satgas Nataru Pertamina 2018-2019 memaparkan lonjakan arus balik terjadi di Minggu 6 Januari 2019.

Bahkan, Pertamina memperkirakan permintaan BBM unggulan seperti Pertamax Series melonjak, demi menopang kinerja mesin kendaraan ketika menempuh perjalanan jarak jauh.

“Kondisi lalu lintas menuju Jakarta (arus balik) sejak sore hingga malam ini nampak memadat, sebab layanan KiosK di sejumlah SPBU jalur Trans Jawa ruas Cirebon-Cikampek, Bandung – Cikampek dan Cikampek hingga Halim mengalami lonjakan, sebab masyarakat memanfaatkan layanan ini sebagai antisipasi awal agar tak kehabisan BBM di tengah jalan,”jelas Dewi di Jakarta, Minggu (06/12/2019).

Ia menambahkan, pihaknya juga mengaktifkan dua Kantong BBM di Cipali KM 101 dan Cikampek KM 62 dengan isi BBM jenis Pertalite dan Pertamax. Kantong BBM kali ini dijadikan langkah proaktif Pertamina jika terjadi lonjakan konsumsi BBM.

Sampai dengan 5 Januari 2019 ini, realisasi penyaluran BBM jenis gasoline seperti Premium, Pertalite,Pertamax dan Pertamax Turbo sudah mencapai 88% atau sekitar 525 Kilo Liter (KL) dari total perkiraan penyaluran masa Satgas Nataru.

Lalu untuk jenis BBM Gasoil yakni Solar, Dexlite dan Pertamina Dex, hingga 5 Januari 2019 sudah mencapai 82% atau sekitar 173 KL.

Terdapat lonjakan tertinggi pada konsumsi Pertalite dan Pertamina Dex dibandingkan konsumsi normal di hari biasa. Konsumsi Pertalite naik 6% sementara Pertamina Dex naik 2%.

“Data tersebut sesuai proyeksi kami, saat arus balik bakal terus naik mulai 5 hingga 6 Januari 2019. Karena masih nampak pergerakan pemudik menuju Jakarta hingga pada masyarakat di tengah perjalanan wisata di daerah Jawa Bagian Barat,” pungkasnya.@L6,Eld-Licom

Foto: Ilust-ist