Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pesisir Selat Sunda diguncang gempa
Selat Sunda. Foto: map/istimewa
Jawa Barat

Pesisir Selat Sunda diguncang gempa 

LENSAINDONESIA.COM: Gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo mengguncang pesisir Selat Sunda, Sabtu (12/01/2019) sekitar pukul  19.04 WIB.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Lokasi gempa bumi terletak pada kordinat 6,85 LS dan 104,24 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 158 km arah selatan kota Agung, Kabupaten Tenggamus Lampung. Kedalamannya mencapai 53 km.
“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bawah gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust,” jelas BMKG dalam akun resmi instagramnya.
Menurut hasil analisis BMKG, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault). Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Liwa dalam skala intensitas II – III MMI.
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 19.15 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). BMKG pun meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.@LI-13

Baca Juga:  Komisi I DPRD Kota Bekasi usulkan “pecat” pimpinan demo guru-guru honorer, tuding dewan potong gaji guru