Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Sabtu siang (12/01/2019).

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, akibat angin kencang disertai hujan deras ini, puluhan rumah warga di Desa Glagah dan Margoanyar roboh.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibat musibah ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Pelaksana BPBD Lamongan Suprapto mengatakan, selain merobohkan rumah milik warga, angin puting beliung tersebut juga menumbangkan puluhan pohon serta tiang listrik, dan telepon yang ada pinggir jalan.

“Sampai sekarang anggotanya masih mendata kerusakan fisik di lapangan. Ada berapa rumah warga yang roboh diterjang angin puting beliung,” katanya.

Sementara itu, menurut informasi salah satu warga Mazidarrohmah (48) menuturkan, kejadian tersebut sangat cepat, karena kencang datang seketika bersamaan dengan hujan lebat.

Selain rumah warga yang rusak, pepohonan besar di kampung tersebut juga banyak yang tumbang. Bahkan, akibat kejadian itu, menyebabkan atap Puskesmas serta kubah masjid roboh.

“Kejadiannya sangat cepat. Apalagi musibah itu datang sore hari, saat warga sedang beristirahat. Saya terkejut saat pertama kali menyaksikan angin menerpa rumah milik tetangga. Untungnya semua warga berhasil menyelamatkan diri dari reruntuhan rumah,” tuturnya.@LI-13