Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kapolres Empat Lawang AKBP AS, positif menggunakan narkoba saat Polda Sumsel menggelar tes urine mendadak. Hal ini dibenarkan Kapolda Irjen Zulkarnain Adinegara.

Menurutnya, tes urine mendadak itu dilakukan pada Jumat (11/1/2019) di Mapolda Sumsel. “Masih diperiksa di Bid Propam untuk pembuktian kebenaran hasil tes urine itu. Tapi bila itu benar (Kapolres positif narkoba) bisa dikenakan tindakan disiplin atau bahkan dipenjara,” terangnya, Senin (14/1/2019).

Sejauh ini, AKBP AS masih diperiksa di Bid Propam Polda Sumsel karena hasil tes positif. Dia belum diperbolehkan pulang sebelum pemeriksaan selesai dan bisa membuktikan tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba.

“Sejenis narkoba, tapi kalau bahasa dari kedokteran itu amfetamin. Tes urinenya hari Jumat lalu. Kalau positif saja bisa tindakan disiplin, tapi kalau ini tidak ada barang buktinya bisa dipenjara,” imbuh Irjen Zulkarnain.

Selain memeriksa AKBP AS, Bid Propam Polda Sumsel juga meminta keterangan dari para ajudan Kapolres Empat Lawang ini. Bila keterangannya nanti membuktikan perwira ini adalah pemakai narkoba, maka sanksi pecat sudah menantinya. “Yang bersangkutan masih berbelit. Kalau hanya pemakai saja dan tidak ada barang bukti, nanti sanksi disiplin. Kami lihat nanti keterangan si ajudan. Kalau ajudan bilang pernah lihat memakai bisa disiplin atau dipecat,” tegas Irjen Zulkarnain. @DC/LI-15