Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pentagon sebut China kini punya senjata militer tercanggih di dunia
Ilustrasi militer China
Global

Pentagon sebut China kini punya senjata militer tercanggih di dunia 

LENSAINDONESIA.COM: Sebuah dokumen militer Amerika Serikat milik Badan Intelijen Pertahanan Nasional menyatakan China mempunyai senjata tercanggih di dunia setelah sukses secara signifikan mengembangkan peralatan militer dalam beberapa tahun terakhir.

AFP via The Guardian memberitakan Rabu (16/1/2019), kini China bisa dikatakan unggul dalam perkembangan teknologi militer. Di antaranya desain perkapalan, rudal balistik jarak menengah dan jauh, serta senjata hipersonik yang bisa menghindari sistem pertahanan apapun. “Hasil dari pendekatan itu adalah kini China merupakan negara dengan sistem senjata paling canggih sedunia,” demikian laporan bertajuk China Military Power itu.

Dalam dokumen itu Pentagon menjelaskan, dalam sejumlah aspek senjata, China paling unggul di dunia. Laporan itu menyebut, peningkatan militer itu membuat China unggul baik di darat, laut, udara, luar angkasa, hingga ruang maya.

Laporan intelijen menyatakan saat ini China mengembangkan pesawat pembom siluman yang bisa melakukan serangan target regional maupun global.

Kemampuan ini membuat China bisa ‘memaksakan’ kehendak di kawasannya. Taiwan adalah target Beijing karena menganggap sebagai bagian wilayah mereka. China menuturkan, mereka tidak segan menggunakan operasi militer jika Taiwan mendeklarasikan kemerdekaan atau dibantu kekuatan asing.

Kepada jurnalis Pentagon, seorang pejabat intelijen mengaku khawatir jika para jenderal China mempunyai keyakinan bisa menginvasi Taiwan. Namun pejabat itu mengatakan China sudah tidak berperang selama 40 tahun sehingga tentaranya masih masif dan struktur komando kurang pengalaman tempur. “Tentunya mereka bakal membutuhkan waktu untuk membuat militer berfungsi dan bisa terlibat dalam teater besar ini,” tutur pejabat yang tak disebut namanya dalam dokumen tersebut. @Kompas/LI-15

Baca Juga:  Daftar Cawali Surabaya di PSI, Vinsensius Awey komitmen anti poligami dan korupsi