Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Microsoft bakal mengakhiri dukungan untuk Windows 7 dalam tempo setahun ke depan, yakni 14 Januari 2020. Itu artinya, pengguna komputer dan laptop yang masih menggunakan Windows 7 tak akan lagi mendapat dukungan Microsoft.

Sebagai gantinya, Microsoft menyarankan beralih menggunakan perangkat baru atau memperbarui peranti lunak dengan Windows 10. Sedangkan pengguna Windows 7, 8, dan 8.1 Pro bisa mendapatkan pembaruan gratis dengan membeli Microsoft 365 Business.

Dalam situs resminya, Microsoft mengumumkan pengguna Windows 7 nantinya tak mendapatkan segala bentuk dukungan, termasuk dari serangan malware. Namun pengguna masih memiliki waktu setahun sebelum semua dukungan tak lagi tersedia.

Microsoft sedniri sebenarnya telah mengumumkan rencana mengakhiri Windows 7 sejak Januari 2017 lalu. Bahkan dalam 3 tahun terakhir, perusahaan milik Bill Gates yang bermarkas di California ini telah memberi kesempatan pengguna Windows 7 untuk migrasi ke Windows 10.

“Secara perlahan Windows 7 kian usang dan kurang sesuai dengan perkembangan teknologi modern saat ini. Kami belajar seharusnya menghentikan dukungan untuk Windows XP lebih awal, guna mengantisipasi kerugian dan serangan malware di masa depan,” tulis Head of Microsoft Jerman, Markus Nitschke. @CNN/LI-15