Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Aturan baru WhatsApp ini mulai diterapkan besok
Ilustrasi WhatsApp
HEADLINE

Aturan baru WhatsApp ini mulai diterapkan besok 

LENSAINDONESIA.COM: WhatsApp memutuskan membatasi penggunanya melakukan forward atau meneruskan pesan hanya untuk 5 kontak. Pembatasan ini bakal diberlakukan di Indonesia mulai besok dan nantinya di seluruh dunia.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp dapat meneruskan pesan hingga ke 20 kontak. Pembatasan hanya 5 kontak ini direalisasikan mulai esok di Indonesia, sebagai langkah efektif mencegah hoax beredar melalui pesan berantai. “Pembatasan forward ini secara signifikan menurunkan pesan yang diteruskan di seluruh dunia,” sebut WhatsApp.

BBC mengabarkan, WhatsApp pertama kali menerapkan aturan tersebut di India 6 bulan lalu dengan harapan bisa mencegah penyebaran berita palsu atau hoax.

Di India, isu penculikan anak menyebar di WhatsApp sehingga menimbulkan keresahan. Bahkan beberapa korban tak bersalah meninggal dihakimi massa karena dituding sebagai pelakunya, setelah banyak beredar pesan hoax yang menyebar melalui WhatsApp.

WhatsApp dan Facebook memang banyak disorot di berbagai negara karena dianggap sebagai sarana menyebarkan propaganda dan informasi palsu alias hoax. Tindakan pembatasan forward pesan ini dianggapo bisa jadi salah satu kebijakan solusinya. @LI-15

Baca Juga:  Rhenald Kasali dukung Presiden pilih kaum muda di kabinetnya