Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Gempa bumi 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (22/1/2019) sekitar pukul 06.59 WITA. Getaran gempa dirasakan hingga dua kabupaten di NTT.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini dirasakan di daerah Tambolaka (Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT) IV-V MMI, Waingapu (Kabupaten Sumba Timur, NTT), Sumbawa dan Bima (NTB) III MMI.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Waingapu Arief Tyastama mengatakan, lokasi gempa bumi berada pada 10,52 derajat lintang selatan dan 119,05 derajat bujur timur. “Pusat gempa bumi berada pada 103 kilometer barat daya Kabupaten Sumba Barat. Kedalamannya sekitar 10 kilometer,” terangnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah Sumba Barat ini dibangkitkan sesar naik (thrust fault).

Selang beberapa menit kemudian, warga sempat dibikin cemas menyusul terjadinya gempa susulan berkekuatan magnitudo 5,2 yang kembali mengguncang.

Waingapu Arief Tyastama mengatakan, gempa susulan 5,2 magnitudo itu tercatat terletak pada 10,26 derajat lintang selatan dan 119,10 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi berada pada 74 kilometer barat daya Kabupaten Sumba Barat dengan kedalaman 10 kilometer. “Kami masih terus beekoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mengecek, apakah ada bangunan yang rusak atau muncul korban jiwa akibat gempa ini,” pungkasnya. @LI-15