Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Rabu (23/1/2019) pukul 03.18 WITA. Akibatnya hujan abu disertai pasir dan bau belerang menyiram sebagian besar wilayah Desa Datah, Kecamatan Abang.

Warga menjelaskan hujan abu terjadi sejak pukul 4 hingga 5 pagi tadi. Ditambah turunnya hujan, abu dan pasir itu akhirnya menjadi lumpur saat sampai ke daratan.

Kasi Kesra Desa Datah, Gede Jingga menuturkan, ada 4 dari 14 banjar yang dilanda hujan abu dan pasir. Keempat banjar itu masuk dalam kawasan rawan bencana tiga atau cuma berjarak 6-7 km dari kawah Gunung Agung.“Tak hanya hujan abu dan pasir, warga juga sempat mencium bau belerang. Ketidaktahunan warga terhadap bahaya abu vulkanik membuat mereka enggan memakai masker,” keluhnya.

Lumpur abu dan pasir Gunung Agung juga turun menyelimuti ladang jagung warga sehingga menimbulkan keresahan gagal panen.

Selain itu, abu dan pasir Gunung Agung juga menutupi rerumputan sehingga dikhawatirkan akan membahayakan ternak warga. @SN/LI-15