Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Ribuan keluarga ISIS keluar dari wilayah timur Suriah
Situasi Deir Ezzor Suriah
HEADLINE

Ribuan keluarga ISIS keluar dari wilayah timur Suriah 

LENSAINDONESIA.COM: Posisi ISIS yang makin terdesak karena digempur dari berbagai arah, membuat sekitar 5.000 orang dilaporkan meninggalkan benteng pertahanan terakhir di Deir Ezzor, Suriah timur, sejak awal pekan ini.

“Sekitar 5.000 kebanyakan perempuan dan anak-anak termasuk 500 jihadis, sejak Senin meninggalkan basis terakhir ISIS di provinsi Deir Ezzor. Jumlah itu termasuk 3.500 yang meninggalkan daerah itu pada Selasa,” ujar Rami Abdel Rahman, Kepala Syrian Observatory for Human Rights, kepada AFP, Selasa (22/1).

Abdel Rahman menjelaskan, mayoritas warga sipil yang dievakuasi itu merupakan anggota keluarga para militan. Mereka dievakuasi dengan puluhan truk sewaan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), aliansi Kurdi yang didukung Amerika Serikat untuk menggempur ISIS.

Sejak September lalu, SDF menggencarkan serangan untuk mengusir ISIS dari Deir Ezzor. Dalam beberapa minggu terakhir, SDF berhasil merebut beberapa desa bagian timur dari ISIS, termasuk Hajin, Al-Shaafa dan Sousa.

Observatory melaporkan bahwa akibat gempuran-gempuran tersebut, wilayah kekuasaan ISIS di Deir Ezzor kini hanya seluas 10 kilometer persegi. “Pada Selasa, SDF bergerak tanpa ada perlawanan dari ISIS, ke daerah Baghouz yang terakhir kali masih berada di tangan para jihadis. Dengan demikian, SDF sekarang mengendalikan setengah wilayah Baghouz,” tukasnya.

Perlu diketahui, ISIS mengokupasi sebagian besar wilayah Suriah dan Irak pada 2014 dan menyatakan ‘kekhalifahan di daerah-daerah berada di bawah kendali mereka. @LI-15

Baca Juga:  KPK  diminta bongkar kartel di Kementan