Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III kerja bareng institusi maritim Pelabuhan Benoa dan warga gelar penanaman 50.000 bibit bakau di kawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Rabu (23/01/2019).

“Demi menjaga kelestarian lingkungan, terutama peluasan habitat bakau, Pelindo III kembali menggelar penanaman tanaman bakau secara bertahap di hutan pesisir kawasan Pelabuhan Benoa. Kemudian melakukan perawatan dan pengawasan, agar tetap tumbuh dengan baik,” ujar CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara, I Wayan Eka Saputra.

Ia sangat optimis mampu mewujudkan komitmen pelestarian lingkungan tersebut. Sebab sudut-sudut kawasan pelabuhan berpotensi luas untuk dihijaukan.

“Halnya saat aksi penanaman bakau perdana ini saja terlaksana menyebar di Taman Hutan Raya Ngurah Rai yang seluas 17,2 hektar. Sejumlah spesies bibit bakau yang ada yakni jenis Mukronata, jenis Bulgoera, dan jenis Apikulata. Ditambah lagi dukungan instansi maritim dan warga juga cukup menggembirakan,” tandas Wayan.

Pada gelaran ini juga mengundang partisipasi lintas institusi dan masyarakat. Mulai dari BUMN Pelindo III, unsur Pemerintah Provinsi Bali yakni Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Taman Hutan Raya Ngurah Rai, KSOP Pelabuhan Benoa, Distrik Navigasi Pelabuhan Benoa, Polisi Air, Imigrasi, Bea Cukai, Camat Denpasar Selatan, Lurah Pedungan, serta dari pemangku adat setempat seperti Kelihan Adat dan Dinas Banjar Sanggaran, dan lainnya.@Rel-Licom

Foto-ist