Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Peljndo III Regional Jawa Timur kali ini menjadi tuan rumah Konferensi INAP (International Network of Affiliated Ports) di Surabaya pada 23-24 Januari 2019.

Ajang tahunan kali ini berlangsung di Hotel Sheraton Surabaya membahas pengembangan kerjasama internal antar anggota INAP terkait penerapan digitalisasi/komputerisasi baik di lapangan maupun di balik meja.

Hasil dari pertemuan kali ini diumumkan Chairman INAP yang baru, yakni M. Ali Affandi (CEO Pelindo III) di mana sebelumnya Chairman INAP 2018 dipegang oleh S.D. Weerasinghe yang merupakan wakil delegasi dari Sri Lanka.

Ali Affandi mengatakan, gelaran ini bertujuan untuk lebih memperdalam kerjasama di hidang kepelabuhanan dengan anggota INAP menuju penerapan digitalisasi.

“INAP tahun ini kaki masih membahas pendalaman sinergi dengan delapan negara Asia – Afrika. Terutama terkait integerasi layanan kepelabuhanan yang nantinya saling terkoneksi. Dan pastibya berujung pada efektifitas,” tandas Ali kepada Lensaindonesia.com, Kamis (24/01/2019).

Untuk keanggotaan INAP ini, lanjutnya, dari negara manapun tetap bisa bergabung tanpa kriteria. Yang terpenting mampu bersama merealisasikan visi dan misi INAP.

” Negara manapun nggak masalah, yahg terpenting bisa diajak bekerja sama dan sejalan dengan visi dan misi kami,” tandas Ali.

Sementara itu, Guangjun Jiao, Vice Chairman dari Port of Qingdao menyampaikan, Port of Qingdao siap untuk menjalin kerjasama lebih dalam dengan para anggota INAP.

“Kami siap bekerja sama dengan negara-negara para anggota INAP. Dan kami pun sudah siap, karena kami yakin bahwa Port of Qingdao sebagai salah satu yang terbaik dan terbesar di Asia bahkan di Dunia,” tutur Guangjun.

Rencananya, di tahun 2019 Konferensi Tahunan INAP akan berlangsung di Qingdao, Republik Rakyat China.

Sebagai informasi, INAP memiliki 11 pelabuhan anggota yang tersebar di delapan negara di Asia dan Afrika. Pelabuhan tersebut terdiri dari Port of Qingdao (China), Port of Cebu, Port of Subic Bay, dan Port of Davao (Filipina), Port of Chittagong (Bangladesh), Port of Colombo (Sri Lanka), Port of Dangjin, dan Mokpo New Port (Korea Selatan), Transnet Port Terminal (Durban, Afrika Selatan), Kochi Prefectural Government Port (Jepang), serta tuan rumah Tanjung Perak Surabaya. (FA).@Eld-Licom