Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Menteri Agama sikapi Tabloid Indonesia Barokah diedarkan di Masjid
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. FOTO: Setkab
HEADLINE DEMOKRASI

Menteri Agama sikapi Tabloid Indonesia Barokah diedarkan di Masjid 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menanggapi serius adanya penyebaran Tabloid Indonesia Barokah di masjid-masjid di sejumlah daerah di Indonesia.

Lukman meminta semua orang menjaga kesucian rumah ibadah dengan tidak melakukan aktivitas politik.

“Inilah mengapa aktivitas politik itu harus dihindarkan, ketentuan regulasi seperti itu, enggak boleh kampanye atau melakukan aktivitas politik praktis di rumah ibadah,” ujar Lukman di Istana Wakil Presiden, Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (25/01/2019).

Menurut dia, batas-batas aturan itu penting untuk menjaga kesucian rumah ibadah. Sehingga tidak ada aktivitas politik dan bisa berpotensi membelah jemaah atau umat. “Oleh karena itu, saya berharap politisi timses apapun betul-betul bisa menjaga kesucian rumah ibadah,” tegasnya.

Menteri agama tidak melarang adannya penerbitan tabloid atau buletin sebagai propanganda politik. Namun ia meminta, hendaknya penyebaran dilakukan di ruang publik dengan mengikuti tata cara yang berlaku.

“Silakan menyebarkan buletin-buletin politik di ruang publik dengan mengikuti tata cara yang berlaku. Kita fungsikan rumah ibadah untuk ritual keagamaan,” tambahnya.

Lukman mengimbau agar pihak yang menerima tabloid Indonesia Barokah agar tidak terus menyebarluaskannya. Kemenag sudah memantau pergerakan tabloid tersebut.

“Sebaiknya tak perlu disebarluaskan. Kita sudah beberapa perwakilan kantor kemenag di kabupaten kota sudah terus memantau pergerakan,” katanya.@LI-13/l6