Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Bukalapak.com untuk penyaluran kredit modal usaha. Dimana Bukalapak akan mereferensikan mitra UMKM potensial untuk diseleksi menurut kriteria nasabah debitur Bank Mandiri.

Sedangkan Bank Mandiri, akan menentukan besaran plafon kredit yang disetujui, dimana plafon maksimal yang bisa diperoleh untuk setiap mitra UMKM adalah Rp 200 Juta.
Untuk tahap awal kerjasama ini, Bank Mandiri akan menyediakan total modal sebesar Rp 200 Miliar.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang mengatakan, pola kerjasama ini untuk membantu bank menjaga kualitas pembiayaan yang disalurkan serta meningkatkan nilai tambah bagi Bukalapak kepada pelaku UMKM yang menjadi mitra. Maka, UMKM tersebut mampu membiayai ekspansi usaha dari kredit yang ditawarkan.

“Pola kerjasama ini juga mampu mempercepat proses persetujuan kredit agar mitra Bukalapak bisa memanfaatkan momentum ini untuk pengembangan usahanya,” ujar Donsuwan, di Plaza Mandiri- Jakarta, Senin (28/01/2019).

Ia menambahkan, pihaknya op;timis akan mampu menjangkau rentang nasabah UMKM lebih luas melalui platform daring, sehingga kebutuhan pelaku UMKM online bisa terakomodasi terhadap akses pemodalan perbankan.

“Setidaknya, Bank Mandiri akan mengoptimlkan sinergi dengan Bukalapak guna memperkuat penetrasi pembiayaan pada kelompok-kelompok usaha berbasis online dengan pertimbangan pertumbuhan transaksi perdagangan online yang kian pesat,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Co- Founder & President PT. Bukalapak.com, M Fajrin Rasyid juga menyampaikan, pihaknya berharap kerjasama dengan Bank Mandiri ini juga dapat meningkatkan skala usaha mitra UMKM baik dari sisi frekuensi maupun volume transaksi.

“Kini sudah ada 4 juta lebih pelapak tergabung di Bukalapak. Dengan teknologi dan kreativitas, Bukalapak terus berinovasi untuk mengupgrade para pelaku usaha di seluruh Indonesia, diantaranya kolaborasi dengan Bank Mandiri ini. Semoga kerja sama ini akan semakin menaikkelaskan seluruh pelaku usaha melalui tambahan modal guna memajukan usaha mereka,” tutur Fajrin.@mer,eld-Licom

Sumber: merdeka.com

Foto: ilust-istimewa