Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mabes Polri tunggu rekomendasi Dewan Pers terkait Tabloid Indonesia Barokah
Tabloid Indonesia Barokah yang beredar secara misterius di sejumlah daerah di Indonesia. FOTO: istimewa
HEADLINE DEMOKRASI

Mabes Polri tunggu rekomendasi Dewan Pers terkait Tabloid Indonesia Barokah 

LENSAINDONESIA.COM: Hari ini Dewan Pers akan mengirim rekomendasi terkait konten Tabloid Indonesia Barokah kepada Mabes Polri.

“Siang ini akan segera dikirim surat dari Dewan Pers ke Mabes Polri berupa hasil kajian komprehensif,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Selasa (29/01/2019).

Bareskrim Polri akan mempelajari Rekomendasi Dewan Pers. Bareskrim juga mengkaji laporan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo –Sandiaga Uno. “Nanti akan di-combine dengan surat rekomendasi dari Dewan Pers.”

Pengusutan terhadap Tabloid Indonesia Barokah akan memasuki babak baru setelah Dewan Pers menyatakan tabloid itu bukan produk jurnalistik. Dengan kepastian itu, kepolisian bisa menyelidiki adanya kemungkinan tindak pidana dalam penyebaran tabloid tersebut.

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, mengatakan lembaganya telah menuntaskan penelitian terhadap keberadaan dan konten Tabloid Indonesia Barokah.

Menurut dia, tabloid tersebut tak memenuhi sejumlah ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. “Kami akan menyampaikan hasil pendapat, penilaian, dan rekomendasi kepada Polri dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum),” kata Yosep seperti dikutip Tempo, Senin (28/01/2019).@LI-13