Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Direksi dan pegawai milenial Pelindo III gelar aksi peduli lingkungan menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019.

Mereka membuat lubang-lubang resapan biopori dan menanam ratusan pohon untuk penghijauan kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, termasuk di Bundaran Jangkar Surabaya, Jumat (01/02/2019).

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengatakan, aksi ini dilaksanakan serentak di 17 pelabuhan kelolaan Pelindo III di 7 provinsi.

“Sekitar ratusan pegawai milenial terlibat pada aktifitas peduli lingkungan di Pelindo III. Hal ini dilakukan sebab generasi muda maritim ini dipersiapkan untuk menjadi pengelola pelabuhan modern di masa depan yang peduli aspek lingkungan,” tandas Doso.

Ia menambahkan, para direksi membaur dengan para pegawai muda Pelindo III dalam Maritime Millennials Movement (ME). Aktifitas tersebut diisi dengan menanam tanaman hias jenis tabebuia (Tabebuia chrysotricha) yang sempat viral sebab menghiasi Kota Surabaya dengan bunga mirip bunga sakura khas Jepang,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat juga mengutarakan, pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak dan Kota Surabaya tak akan terpisah. Sebab pengembangan keduanya sinkron pada konsep kota pelabuhan (port-city concept). Selain kohesi sosial, aspek lingkungan juga banyak beririsan kepentingan antara pemerintah kota dan pengelola pelabuhan.

“Pelindo III selalu berupaya mengintegrasikan pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak dengan kebijakan Pemerintah Kota Surabaya. Selain aksi peduli lingkungan spereti gelaran kali ini, Pelindo III kini juga tengah membangun Patung Suroboyo di Pantai Kenjeran. Lalu, bersama Pemkot Surabaya juga sedang membangun rumah pompa dan mengembangkan kawasan wisata sisi sungai (riverside) di Petekan. Melalui koordinasi yang optimal, maka manfaat pelabuhan bagi kota akan terasa,” pungkasnya.@Rel-Licom

Para Millenial Pelindo III saat menjalani aktifitas menanam ratusan pohon untuk penghijauan kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, termasuk di Bundaran Jangkar Surabaya, Jumat (01/02/2019). Foto-ist