Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah akan melakukan pemugaran Benteng Van Den Bosch.

Jokowi menyampaikan, benteng berukuran 165 meter x 80 meter dengan luas tanah 15 hektare yang ada di Kelurahan Pendem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tersebut merupakan warisan sejarah yang perlu dirawat.

“Kita melihat karena tahun ini akan segera kita restorasi sehingga peninggalan-peninggalan ini harus kita rawat. Warisan pusaka seperti ini, heritage seperti ini, memang harus dijaga dan dipelihara,” kata Jokowi di sela-sela kunjungan di Benteng Benteng Van Den Bosch, Jumat (1/2/2019).

Dia memastikan pembangunan kembali benteng tersebut seperti semula, akan dilakukan mulai tahun ini. Dia bahkan telah menelpon langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono guna menindaklanjutinya.

“Ini langsung dikerjakan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Tadi saya sudah langsung telepon dan sudah siap. Ya mungkin tahun ini separuh, tahun depan separuh, Insyaallah. Ini kan ada kaidah-kaidah kepurbakalaan yang harus diikuti, tidak usah cepat-cepatan bangun,” kata Presiden seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Dalam kunjungane Benteng Van Den Bosch ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Gubernur Jatim Soekarwo berserta istri, Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistyono beserta istri serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.@LI-13