Trending News

17 Aug 2019
Agum Gumelar tegaskan Pepabri netral, tapi individu punya hak memilih
Ketua Umum Pepabri, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar. FOTO: JIBI/Istimewa
HEADLINE DEMOKRASI

Agum Gumelar tegaskan Pepabri netral, tapi individu punya hak memilih 

LENSAINDONESIA.COM: Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menegaskan, Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) netral di Pemilu 2019.

Namun Ketua Umum Pepabri ini menyampaikan, setiap anggota bebes menentukan pilihan.

“Tapi sebagai individu, masing-masing anggota hak politiknya sudah sama dengan masyarakat biasa. Punya hak memilih,” jelasnya di Jakarta, Selasa (05/02/2019).

Menurut Agum, pasti akan ada perbedaan (pilihan) dari para purnawirawan. Namun, itu hal yang biasa dan harus tetap dihormati.

“Begitu pilpres berakhir tidak ada lagi perbedaan. Hormati apapun yang jadi keputusan demokrasi. Itulah dewasa dalam berdemokrasi,” ungkap mantan Komandan Kopassus ini.

Agum meningatkan, jika memang tidak ada yang suka dengan salah satu kandidat, jangan disalurkan dengan mendukung gerakan radikal.

“Itu keliru besar. NKRI dan Pancasila ini adalah hasil jerih payah, keringat, darah dari para pejuang kita. Terhadap demokrasi ya itu tadi kita harus dewasa dalam berdemokrasi,” tegasnya.

Agum sempat menghadiri dukungan dari anak-anak tentara, yang menamakan dirinya sebagai 01 Bravo Cijantung, mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Dia menegaskan, di kompleks ini bukan hanya Kopassus saja, tapi banyak kesatuan.

“Ini banyak kesatuan. Tapi konotasi di luar, dengar Cijantung itu Kopassus. Jadi tidak benar di konotasikan hanya Kopassus dan hanya satu komandan,” ucap pria yang empat kali menjadi menteri ini.@LI-13

Related posts