Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Sidang ujaran ‘idiot’ di Surabaya besok, Ahmad Dhani di-bon dari LP Cipinang
Musisi Ahmad Dhani. FOTO: twitter/istimewa
HEADLINE DEMOKRASI

Sidang ujaran ‘idiot’ di Surabaya besok, Ahmad Dhani di-bon dari LP Cipinang 

LENSAINDONESIA.COM: Penahanan musisi Ahmad Dhani batal dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Medaeng, Sidoarjo (Surabaya).

Sejak divonis 1,5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas kasus ujaran kebencian lewat cuitan di akun Twitter pada 28 Januari 2019 lalu, Dhani menjalani masa hukuman di LP Cipinang, Jakarta Timur.

Rencana pemindahan penahanan pentoln band Dewa 19 sekaligus politisi Partai Gerindra itu dilakukan karena Dhani akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya Kamis 7 Fabruari 2019 terkait kasus ujaran kebencian dalam vlog ujaran ‘idiot’ kepada demonstran Koalisi Bela NKRI.

“Hari ini (Dhani) tidak jadi dibawa ke Surabaya,” ungkap kuasa hukum Ahmad Dhani, Indrawansyah ketika dihubungi vie telepon, Rabu (06/02/2019).

Indrawansyah mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan penjemputan ke Lapas Cipunang namun hinga siang ini surat dari Lapas belum keluar. “Kami dari pagi sudah di sini (Cipinang), namun suratnya dari Lapas belum keluar,” tambahnya.

Menurut Indrawansyah, tidak ada pemindahan penahanan sebab sifatnya hanya peminjaman tahanan (bon). Karena itu, kata dia, Ahmad Dani akan diterbangkan ke Surabaya besok.

“Besok baru berangkat ke Surabaya, seusai sidang langsung dibawa ke Jakarta lagi (Cipinang),” ujarnya.

Di pihak lain, Kepala Rutan Cipinang Oga Darmawan menyampaikan bahwa Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telah mengeluarkan penetapan soal Ahmad Dhani, yang harus menjalani sidang di Surabaya. Surat PT DKI, menurut Oga Darmawan, ditujukan ke kepala rutan.

Kemudian juga ada eksekusi dari jaksa yang harus dilaksanakan untuk besok persidangan di Surabaya. Surat-surat sudah ada, lengkap semua,” ujarnya, Rabu siang.

Tapi Oga belum mengetahui kepastian pemindahan penahanan Ahmad Dhani ke Surabaya atau kembali ke Jakarta seusai sidang perdana Kamis besok.

Baca Juga:  Mundur dari Menpora, Imam Nahrawi pamit pada pegawai dan staf

“Jadi mau kembali atau tidak, masih tergantung. Yang penting pihak rutan harus siap. Misalnya balik lagi, pihak rutan harus siap. Kalau akhirnya tidak kembali dan dititipkan di Surabaya, tidak apa-apa selama surat-surat sudah lengkap,” papar Oga.

Oga menyebut PT DKI hanya menyebut soal peminjaman tahanan (bon) Ahmad Dhani. Oga kembali menyerahkan keputusan jadi tidaknya pemindahan penahanan Ahmad Dhani ke otoritas terkait

“Kalau PT ternyata larut malam kembalinya dan memutuskan untuk ditahan di sana, ya wewenang sanalah,” imbuh Oga.@rofik