Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Terkait kabar mobil Mitsubishi Pajero Sport terbakar di Sidoarjo hingga merembet pada gugatan ganti rugi kepada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan PT Sun Star Motor Surabaya. Kini akhirnya diklarifikasi oleh pihak PT MMKSI.

Intan Vidiasari – Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT MMKSI menyampaikan, pihaknya bersama diler resmi kendaraan penumpang Mitsubishi sudah merespon surat yang disampaikan oleh konsumen atas nama Djoni Tjen yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur.

“Sebagai tindak lanjut sekaligus merespon keluhan tersebut, tim teknis PT MMKSI yang didampingi Diler telah melakukan pemeriksaan kendaraan konsumen yang terbakar di Sidoarjo pada 26 Oktober 2018. Hasilnya, pemeriksaan membeberkan penyebab kendaraan terbakar dipicu oleh penggunaan atau modifikasi perangkat battery (braket accu) yang tidak standar sehingga menjadi pemicu api, dan hasil pemeriksaan tersebut telah diinformasikan kepada konsumen pada 31 Oktober lalu,” papar Intan dalam keterangan resmi yang diterima Lensaindonesia.com, Selasa (11/02/2019).

Merujuk hasil pemeriksaan, lanjutnya, insiden l kendaraan disebabkan faktor eksternal pada periode pemakaian kendaraan oleh konsumen dan tidak ada permasalahan terkait produk.

“Dari catatan yang kami himpun, konsumen merupakan pembeli kedua atas kendaraan tersebut, sehingga tidak membeli langsung melalui Diler. Selain itu, sesuai data riwayat servis berkala (periodical maintenance) kendaraan di diler resmi Mitsubishi, tidak dilakukan secara rutin. Kendati demikian, PT MMKSI dan Diler tetap menunjukan itikad baik untuk konsumen dengan memberikan alternatif solusi demi kepuasan konsumen,” tandas Intan.

Menurut pernyataan Djoni Tjen/Sandy yang dikutip dari Tribun, Sandy sudah biasa service di Mitsubishi secara langsung dan berkala. Ia pernah menjalani service besar pada 40 ribu kilometer dan tidak pernah melakukan modifikasi dalam bentuk apapun terhadap mobilnya.

Bisa disimpulkan, bahwa kasus ini bisa jadi missing link. Sebab di sisi pemilik mobil belum mengetahui historis kadar modifikasi yang dilakukan pemilik mobil pertama.

Sedangkan di sisi PT MMKSI, telah mengetahui adanya catatan servis yang dilakukan Sandy di bengkel resmi Mitsubishi, namun yang dipertanyakan ada di sisi history pada pemilik mobil pertama. Sebab semua catatan after sales yang ada di bengkel resmi sudah merekam jejaknya dalam sistem komputer.@Rel-Licom

Foto: Mobil Mitsubishi Pajero Sport yang terbakar di Sidoarjo. Ist